PERAN MEDIASI KEPUASAN PASIEN: PENGARUH TRUST DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PASIEN (Studi Pada Pasien Rawat Jalan Rumkit Tk. III Baladhika Husada Jember)



YULIANI, DIEN (2024) PERAN MEDIASI KEPUASAN PASIEN: PENGARUH TRUST DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PASIEN (Studi Pada Pasien Rawat Jalan Rumkit Tk. III Baladhika Husada Jember). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB) | Request a copy
[thumbnail of H. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (706kB)
[thumbnail of I. LAMPIRAN.pdf] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB) | Request a copy

Abstract

Rumah sakit sebagai institusi penyedia layanan kesehatan harus beradaptasi dengan
dinamika pasar yang terus berubah dan bersaing antara rumah sakit pemerintah maupun
swasta yang jumlahnya selalu bertambah di Wilayah Jember. Persaingan ini sangat
dipengaruhi oleh kemajuan teknologi, peningkatan kesadaran masyarakat akan
pentingnya kesehatan dan kualitas pelayanan medis dan perubahan regulasi. Penelitian
ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh trust dan brand image terhadap
loyalitas pasien dengan kepuasan pasien sebagai variabel intervening pada Rumah Sakit
Tk. III Baladhika Husada Jember. Populasi dalam penelitian ini seluruh pasien rawat jalan
dari Rumkit Tk. III Baladhika Husada Jember yang tercatat pada Bulan Agustus 2024 yaitu
226 orang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling. Analisis
data dan permodelan persamaan struktural dengan menggunakan software Warp PLS 7.0.
Hasil penelitian membuktikan trust dan brand image berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan pada pasien Rumkit Tk. III Baladhika Husada Jember. Trust dan
brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pada pasien Rumkit
Tk. III Baladhika Husada Jember. Kepuasan Pasien berpengaruh positif dan signifikan
terhadap loyalitas pada pasien Rumkit Tk. III Baladhika Husada Jember. Brand trust
berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan pada
pasien Rumkit Tk. III Baladhika Husada Jember. Brand Image berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan pada pasien Rumkit Tk. III Baladhika Husada Jember.
Kata Kunci: Trust, Brand Image, Kepuasan Pasien, dan Loyalitas Pasien

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Qomariah, Nurul
NIDN0701086702
Dosen Pembimbing
Nursaid, Nursaid
NIDN0712036906

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords/Kata Kunci: Trust, Brand Image, Kepuasan Pasien, dan Loyalitas Pasien
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Depositing User: DIEN YULIANI | diengizi19722@gmail.com
Date Deposited: 23 Dec 2024 00:17
Last Modified: 23 Dec 2024 00:17
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23752

Actions (login required)

View Item View Item