ISTIAWANTI, NANING (2024) PENGARUH INOVASI PRODUK DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KINERJA UMKM MELALUI RISK TAKING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (PADA UMKM DI KABUPATEN BANYUWANGI). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. PENDAHULUAN (6).pdf Download (1MB) |
|
Text
B. ABSTRAK (3).pdf Download (699kB) |
|
Text
C. BAB I (4).pdf Download (3MB) |
|
Text
D. BAB II (4).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
E. BAB III (4).pdf Restricted to Repository staff only Download (852kB) |
|
Text
F. BAB IV (4).pdf Restricted to Repository staff only Download (882kB) |
|
Text
G. BAB V (4).pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) |
|
Text
H. DAFTAR PUSTAKA (4).pdf Download (661kB) |
|
Text
I. LAMPIRAN (4).pdf Restricted to Repository staff only Download (893kB) |
Abstract
Terbitnya Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM yang diperbaiki lagi menjadi Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 mengatur tentang kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan UMKM dinilai sampai saat ini kurang maksimal. Berbagai usaha UMKM akan sia-sia jika t idak diimbangi dengan inovasi dan campur tangan pemerintah untuk meningkatkan kinerja UMKM. Penelit ian ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung maupun tidak langsung pengaruh inovasi produk dan digital marketing terhadap kinerja UMKM melalui risk taking sebagai variabel intervening pada UMKM di Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian UMKM yang menjual makanan di Kabupaten Banyuwangi. Populasi pada penelitian ini ada seluruh UMKM di Kabupaten Banyuwangi yang mendapat pendampingan dari Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi berjumlah 1263 UMKM. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan Teknik purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 125 UMKM. Sampel penelitian ini adalah UMKM di Kabupaten Banyuwangi yang menjual makanan dan menggunakan digital marketing dengan populasi sejumlah 125 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan WarpPLS 7.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel inovasi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap risk taking, digital marketing berpengaruh signifikan terhadap risk taking, inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM, digital marketing berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM, risk taking tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM. Secara tidak langsung inovasi produk serta digital marketing berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM melalui risk taking.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inovasi Produk, Digital Marketing, Risk Taking dan Kinerja UMKM | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management | |||||||||
Divisions: | Graduate School > Magister Management (S2) | |||||||||
Department: | S2 Manajemen | |||||||||
Depositing User: | NANING ISTIAWANTI | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 28 Dec 2024 02:15 | |||||||||
Last Modified: | 28 Dec 2024 02:15 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23763 |
Actions (login required)
View Item |