PENGARUH INOVASI PRODUK DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KINERJA UMKM MELALUI RISK TAKING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (PADA UMKM DI KABUPATEN BANYUWANGI)

ISTIAWANTI, NANING (2024) PENGARUH INOVASI PRODUK DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KINERJA UMKM MELALUI RISK TAKING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (PADA UMKM DI KABUPATEN BANYUWANGI). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN (6).pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK (3).pdf

Download (699kB)
[img] Text
C. BAB I (4).pdf

Download (3MB)
[img] Text
D. BAB II (4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
E. BAB III (4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)
[img] Text
F. BAB IV (4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)
[img] Text
G. BAB V (4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA (4).pdf

Download (661kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN (4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)

Abstract

Terbitnya Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM yang diperbaiki lagi menjadi Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 mengatur tentang kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan UMKM dinilai sampai saat ini kurang maksimal. Berbagai usaha UMKM akan sia-sia jika t idak diimbangi dengan inovasi dan campur tangan pemerintah untuk meningkatkan kinerja UMKM. Penelit ian ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung maupun tidak langsung pengaruh inovasi produk dan digital marketing terhadap kinerja UMKM melalui risk taking sebagai variabel intervening pada UMKM di Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian UMKM yang menjual makanan di Kabupaten Banyuwangi. Populasi pada penelitian ini ada seluruh UMKM di Kabupaten Banyuwangi yang mendapat pendampingan dari Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi berjumlah 1263 UMKM. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan Teknik purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 125 UMKM. Sampel penelitian ini adalah UMKM di Kabupaten Banyuwangi yang menjual makanan dan menggunakan digital marketing dengan populasi sejumlah 125 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan WarpPLS 7.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel inovasi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap risk taking, digital marketing berpengaruh signifikan terhadap risk taking, inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM, digital marketing berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM, risk taking tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM. Secara tidak langsung inovasi produk serta digital marketing berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM melalui risk taking.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Inovasi Produk, Digital Marketing, Risk Taking dan Kinerja UMKM
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Department: S2 Manajemen
Depositing User: NANING ISTIAWANTI
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorQomariyah, NurulNIDN0701086702
Thesis advisorNursaid, NursaidNIDN0712036906
Date Deposited: 28 Dec 2024 02:15
Last Modified: 28 Dec 2024 02:15
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23763

Actions (login required)

View Item View Item