Salma, Asiva (2024) EFEKTIVITAS EXPRESSIVE WRITING UNTUK REGULASI EMOSI PADA REMAJA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Regulasi emosi adalah kemampuan untuk mengelola emosi yang dapat dinilai dari perilaku yang terlihat atau tampak maupun yang ditunjukkannya. Remaja memiliki kemampuan untuk menilai situasi secara kritis sebelum bereaksi secara emosional, tapi tidak semua remaja mampu mengekspresikan emosinya dengan baik karena pengaruh perubahan biologis, kognitif dan sosial pada remaja. Sehingga remaja membutuhkan strategi regulasi emosi. Untuk meningkatkan strategi regulasi emosi menggunakan expressive writing sebagai media katarsis emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas expressive writing untuk meningkatkan regulasi emosi pada remaja. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen yang digunakan yaitu pendekatan pre�experiment dengan design one-group pretest-posttest design. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 4 (2 subjek laki-laki dan 2 subjek perempuan) yang mendapatkan skor rendah pada regulasi emosi. Instrumen yang digunakan adalah Emotion Regulation Questionnaire (10 aitem, α=0,664). Peneliti menggunakan 4 tahapan expressive writing yaitu recognition/initial write, examination/writing exercise, juxtaposition/feedback, application to the self. Hasil penelitian menunjukkan expressive writing meningkatkan regulasi emosi pada remaja (t= - 8,392 p<0.05). Hasil dari penelitian ini dapat menjadi pertimbangan untuk pengembangan program intervensi yang bersifat preventif bagi siswa yang memiliki regulasi emosi yang rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Expressive Writing, Regulasi Emosi, Remaja | |||||||||
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology | |||||||||
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) | |||||||||
Department: | S1 Psikologi | |||||||||
Depositing User: | Asiva Salma | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | asivasalma11@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2025 02:59 | |||||||||
Last Modified: | 11 Jan 2025 02:59 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23808 |
Actions (login required)
View Item |