EFEKTIVITAS EXPRESSIVE WRITING UNTUK REGULASI EMOSI PADA REMAJA

Salma, Asiva (2024) EFEKTIVITAS EXPRESSIVE WRITING UNTUK REGULASI EMOSI PADA REMAJA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Regulasi emosi adalah kemampuan untuk mengelola emosi yang dapat dinilai dari perilaku yang terlihat atau tampak maupun yang ditunjukkannya. Remaja memiliki kemampuan untuk menilai situasi secara kritis sebelum bereaksi secara emosional, tapi tidak semua remaja mampu mengekspresikan emosinya dengan baik karena pengaruh perubahan biologis, kognitif dan sosial pada remaja. Sehingga remaja membutuhkan strategi regulasi emosi. Untuk meningkatkan strategi regulasi emosi menggunakan expressive writing sebagai media katarsis emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas expressive writing untuk meningkatkan regulasi emosi pada remaja. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen yang digunakan yaitu pendekatan pre�experiment dengan design one-group pretest-posttest design. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 4 (2 subjek laki-laki dan 2 subjek perempuan) yang mendapatkan skor rendah pada regulasi emosi. Instrumen yang digunakan adalah Emotion Regulation Questionnaire (10 aitem, α=0,664). Peneliti menggunakan 4 tahapan expressive writing yaitu recognition/initial write, examination/writing exercise, juxtaposition/feedback, application to the self. Hasil penelitian menunjukkan expressive writing meningkatkan regulasi emosi pada remaja (t= - 8,392 p<0.05). Hasil dari penelitian ini dapat menjadi pertimbangan untuk pengembangan program intervensi yang bersifat preventif bagi siswa yang memiliki regulasi emosi yang rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Expressive Writing, Regulasi Emosi, Remaja
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Department: S1 Psikologi
Depositing User: Asiva Salma
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorHandayani, Panca KursistinNIDN0003037301
Thesis advisorWidyarini, NurlaelaNIDN0029057501
Contact Email Address: asivasalma11@gmail.com
Date Deposited: 11 Jan 2025 02:59
Last Modified: 11 Jan 2025 02:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23808

Actions (login required)

View Item View Item