DESAIN DAN ANALISIS RANGKA SEPEDA MOTOR MODIFIKASI SLEEP ENGINE 200CC UNTUK DRAG RACE



Wijaya, Maki Jauhari (2025) DESAIN DAN ANALISIS RANGKA SEPEDA MOTOR MODIFIKASI SLEEP ENGINE 200CC UNTUK DRAG RACE. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis desain rangka sepeda motor yang dimodifikasi untuk drag race, dengan fokus pada kekuatan dan berat rangka tubular. Dengan semakin banyaknya sepeda motor di Indonesia, khususnya untuk balapan, analisis ini menerapkan metode komputasi dan simulasi menggunakan perangkat lunak SolidWorks dan Ansys Workbench untuk mengukur tegangan dan kekuatan rangka. Tujuan penelitian ini adalah untuk memastikan bahwa rangka dapat menahan beban secara maksimal tanpa mengalami kerusakan plastis, sehingga aman dan efisien saat digunakan dalam perlombaan. Hasil simulasi pada rangka sepeda motor menggunakan Finite Element Analysis (FEA) dengan software Ansys Workbench2022 dan desain dari SolidWorks2020 menunjukkan bahwa rangka
tubular frame cocok untuk aplikasi motor bebek standar dan modifikasi balap, dengan material AISI 4130 memberikan tegangan maksimum terendah dan tingkat keamanan terbaik. Material alternatif AISI 4120 dan AISI 4130 dapat dipilih untuk rangka modifikasi mengingat bobot yang ringan dan kekuatan yang memadai. Saran
untuk pengembangan mencakup variasi desain rangka sesuai regulasi balap resmi, penggunaan material ringan dan biaya efisien, serta pengujian simulasi analisis dinamis untuk aerodinamika dan kekuatan rangka.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Abidin, Asroful
NIDN0703109207
Dosen Pembimbing
Kosjoko, Kosjoko
NIDN0715126901

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Rangka, Sepeda Motor, Simulasi, Material AISI, SolidWorks, Ansys
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 629 Other Branches of Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Maki Jauhari Wijaya | makki.jauhari.wijaya@gmail.com
Date Deposited: 23 Jan 2025 07:04
Last Modified: 23 Jan 2025 07:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23865

Actions (login required)

View Item View Item