DESAIN PERKERASAN JALAN DENGAN METODE CTRB MENGGUNAKAN MATERIAL DAUR ULANG HASIL SCRATCHING DARI ASPAL HOT MIX UNTUK STRUKUR LAPISAN JALAN



KHOIRUNNISA, KHOIRUNNISA (2025) DESAIN PERKERASAN JALAN DENGAN METODE CTRB MENGGUNAKAN MATERIAL DAUR ULANG HASIL SCRATCHING DARI ASPAL HOT MIX UNTUK STRUKUR LAPISAN JALAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. Pendahuluan.pdf] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Abstrak..pdf] Text
2. Abstrak..pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (513kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kerusakan jalan yang terjadi pada ruas mangli-ajung meliputi bleeding, retak, berlubang, dan mengelupas. Salah satu upaya perbaikan jalan yaitu dengan menggunakan metode Cement Treated Recycling Base (CTRB) yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan struktural jalan dan mengurangi ketergantungan pada material baru. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kinerja campuran CTRB melalui uji laboratorium yang meliputi uji centrifuge extractor dan uji kuat tekan bebas. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan CTRB. Hasil penelitian centrifuge extractor mendapatkan nilai rata-rata kadar aspal sebesar 4,25% yang artinya telah memenuhi batas toleransi Speksifikasi Umum 2010 Revisi 3 adalah ± 3,5%. Selain itu, dari penelitian kuat tekan pada benda uji CTRB dengan variasi campuran RAP 60% hasil yang di dapatkan untuk kadar semen 4% dengan nilai rata-rata tegangan hancur sebesar 24,7 kg/cm2 belum memenuhi persyaratan. Namun, pada variasi kadar semen yaitu 5%, 6%, 7% dan 8% sudah memenuhi persyaratan dikarenakan nilai yang dihasilkan dari uji kuat tekan lebih dari 30 kg/cm2 sesuai persyaratan spesifikasi khusus tentang CTRB&CTRBS Tahun 2007 yaitu nilai minimum tegangan hancur sebesar 30 kg/cm2. Sehingga dapat diterapkan pada pembangunan struktur lapisan jalan ruas mangli-ajung dengan menggunakan metode CTRB.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
KURYANTO, TOTOK DWI
NIDN0013086602
UNSPECIFIED
YANUAR, SETIYO FERDI
NIDN0713019202

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Aspal Daur Ulang ; CTRB; Kinerja; Perkerasan Jalan; Struktur Lapisan Permukaan.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: Khoirunnisa Khoirunnisa | sininis20@gmail.com
Date Deposited: 22 Feb 2025 03:28
Last Modified: 22 Feb 2025 03:29
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24278

Actions (login required)

View Item View Item