RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMESANAN BERBASIS WEB PADA BLAZE BARBERSHOP JEMBER MENGGUNAKAN METODE FOUNTAIN
Fajari, Muhammad Devra Anggara (2025) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMESANAN BERBASIS WEB PADA BLAZE BARBERSHOP JEMBER MENGGUNAKAN METODE FOUNTAIN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (668kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) | Request a copy |
Abstract
Kemajuan teknologi informasi membawa dampak besar dalam berbagai
sektor, termasuk industri jasa seperti barbershop. Salah satu permasalahan utama
yang dihadapi adalah panjangnya antrian yang menyebabkan pelanggan harus
menunggu lama. Selain itu, pelanggan dengan jadwal yang padat sering mengalami
kesulitan menyesuaikan waktu kunjungan. Oleh karena itu, diperlukan sistem
pemesanan yang lebih efisien dan fleksibel untuk meningkatkan kenyamanan serta
kepuasan pelanggan.
Penelitian ini menggunakan metode Fountain, yang dikenal fleksibel dan
iteratif dalam pengembangan perangkat lunak. Metode ini memungkinkan tahapan
pengembangan dilakukan secara paralel atau kembali ke tahap sebelumnya jika
diperlukan, sehingga lebih adaptif terhadap perubahan kebutuhan pengguna. Dalam
penelitian ini, metode Fountain diterapkan untuk membangun sistem informasi
manajemen pemesanan berbasis web yang membantu Blaze Barbershop Jember
dalam mengelola antrian secara lebih efektif.
Sistem yang dihasilkan memungkinkan pelanggan melakukan pemesanan
layanan secara online, memonitor antrian, serta memberikan laporan keuangan
otomatis.Hasil penelitian menunjukkan pengurangan rata-rata waktu tunggu
sebesar 72.05% dan peningkatan kepuasan pelanggan sebesar 30.79%
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingYanuarti, RositaNIDN0629018601Dosen PembimbingWijaya, GuruhNIDN0729017601
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | metode Fountain, sistem informasi, manajemen pemesanan, efisiensi operasional, kepuasan pelanggan |
Subjects: | 000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1) |
Depositing User: | Muhammad Devra Anggara Fajari | devra576@gmail.com |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 06:40 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 06:40 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24297 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |