The Correlation Between Students's Translation Ability And Their Reading Comprehension on News Item Text at Senior High School



Zilullah, Brillian Nur (2025) The Correlation Between Students's Translation Ability And Their Reading Comprehension on News Item Text at Senior High School. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRACT.pdf] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 4. BAB 2.pdf] Text
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB 3.pdf] Text
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB 4.pdf] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB 5.pdf] Text
7. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB 6.pdf] Text
8. BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ada beberapa keterampilan yang selama ini dikenal sebagai keterampilan dasar yang perlu dipelajari siswa, yang terbagi menjadi keterampilan reseptif dan keterampilan produktif. Membaca dan mendengarkan dikategorikan sebagai keterampilan reseptif, yang memerlukan mengetahui makna untuk memahami wacana, sedangkan berbicara dan menulis dikategorikan sebagai keterampilan produktif, yang mengharuskan siswa memproduksi bahasa sendiri. Dalam proses membaca untuk memahami makna dari apa yang dibacanya, siswa akan menerjemahkan teks L2 untuk memahami teks tersebut. Dalam hal ini, kemampuan penerjemahan tidak lepas dari kemampuan dalam mempelajari bahasa Inggris khususnya keterampilan membaca.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah ada korelasi yang signifikan antara kemampuan penerjemahan siswa dan kemampuan pemahaman bacaan mereka pada teks berita?” dan tujuan penelitian berdasarkan masalah tersebut adalah untuk mengetahui apakah terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan penerjemahan siswa dan kemampuan pemahaman bacaan mereka pada teks berita. Merujuk pada tinjauan literatur, rumusan hipotesis yang dapat dibangun adalah, “Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan penerjemahan siswa dengan pemahaman bacaan mereka pada teks berita”.
Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur data. Artinya penelitian kuantitatif ini merupakan ilustrasi fakta dengan analisis numerik atau statistik. Menggunakan product moment korelasi Pearson dalam program SPSS untuk menganalisis data. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara pemahaman membaca siswa dan kemampuan menerjemahkan mereka. Nilai rata-rata pemahaman membaca siswa adalah 60,00 dan nilai rata-rata kemampuan penerjemahan adalah 71,59. nilai sig (2-tailed) sebesar 0,009 lebih rendah dari 0,05. dan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif antara pemahaman membaca siswa dan kemampuan penerjemahan mereka. Oleh karena itu Ha diterima dan H0 ditolak. Singkatnya, terdapat korelasi yang signifikan antara pemahaman membaca siswa dan kemampuan menerjemahkan teks berita.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Hanafi, Hanafi
NIDN0015086701
Dosen Pembimbing
Nuraini, Kristi
NIDN0712087606

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Students’ reading comprehension, translation ability, news item text.
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of English Literature Education (S1)
Depositing User: Brillian Nur Zilullah | brilliannzilullah@gmail.com
Date Deposited: 25 Feb 2025 06:08
Last Modified: 25 Feb 2025 06:08
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24352

Actions (login required)

View Item View Item