IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS GAME DALAM MEMBENTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA



ALHIKAM, ABDILLAH HINDA (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS GAME DALAM MEMBENTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[thumbnail of H. BAB VI.pdf] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB) | Request a copy
[thumbnail of I. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of J. LAMPIRAN.pdf] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan pembelajaran berbasis game dapat merangsang dan menambah semangat siswa dalam belajar serta akan mempermudah siswa dalam mengerjakan berbagai latihan soal yang diberikan. Pembelajaran berbasis game dapat digunakan untuk membentuk proses berpikir kritis pada siswa, pembelajaran berbasis game juga dapat membuat siswa semangat dalam belajar dikarenakan pembelajaran menggunakan metode game dapat membuat siswa belajar sambil bermain dan tidak akan menjadi bosan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran PAI berbasis game dalam membentuk kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dan pendekatan kualitatif deskriptif dikarenakan jenis penelitian tersebut sesuai dengan tema yang peneliti buat, begitupun dengan data-data primer yang sangat vital. Prosedur analisis data, peneliti memakai model Miles and Huberman. Hasil pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang diarahkan ke konsep pembelajaran berbasis game sesuai dengan pengambilan data yang diperoleh melalui wawancara dan observasi mampu membentuk proses berpikir kritis pada siswa. Kesimpulannya bahwa pembelajaran menggunakan game ini dapat membentuk proses berpikir kritis dimana pertama-tama guru harus menentukan strategi dan metode pembelajaran berbasis game yang akan dipakai lalu memberikan pertanyaan seputar permasalahan sehari-hari yang terkait dengan materi, dan untuk evaluasinya menggunakan tes lisan hal ini dilakukan untuk membentuk proses berpikir kritis pada siswa.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
ROFI, SOFYAN
NIDN0705078402
Dosen Pembimbing
PUTRA, DHIAN WAHANA
NIDN0729108601

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: kemampuan, berpikir kritis, pembelajaran berbasis game
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.7 Protection and Propagation of Islam > 297.77 Islamic Religious Education
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Abdillah Hinda Alhikam | abdilahhinda@gmail.com
Date Deposited: 27 Feb 2025 02:06
Last Modified: 27 Feb 2025 02:06
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24391

Actions (login required)

View Item View Item