LOG BOOK PRAKTIK PROFESI NERS DAN ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIK ( PPOK) DENGAN MASALAH KEPERAWATAN ANSIETAS (EVIDENCE BASED PRACTICE) DI RUANG MELATI RS PARU JEMBER



Nurani, Asri (2018) LOG BOOK PRAKTIK PROFESI NERS DAN ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIK ( PPOK) DENGAN MASALAH KEPERAWATAN ANSIETAS (EVIDENCE BASED PRACTICE) DI RUANG MELATI RS PARU JEMBER. Profession Education thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1601031069 ASRI NURAINI.pdf] Text
1601031069 ASRI NURAINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Fakultas ilmu kesehatan universitas muhamadiyah jember adalah suatu
lembaga pendidikan kesehatan yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan
perawat professional ners (ns). Tahapan pendidikan profesin ners yang bertujuan
untuk memberi kesempatan kepada peserta didik menjadi terampil dalam
menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh pada tahun pembelajaran di
program pendidikan sarjana (S1) keperawatan. Kurikulum Inti Pendidikan Ners
Indonesia (KIPNI) besar beban studi program profesi Ners berdasarkan AIPNI
(2015) adalah 36 SKS yang meliputi Ketramilan Dasar Profesi 1 (2 SKS),
Ketramilan Dasar Profesi 2 (2 SKS), Keperawatan Medikal Bedah (6 SKS),
Keperawatan Anak (3 SKS), Keperawatan Maternitas (3 SKS), Manajemen
Keperawatan (2 SKS), Keperawatan Komunitas dan Keluarga (5 SKS),
Keperawatan Gerontik (2 SKS), keperawatan jiwa (3 SKS), keperawatan gawat
darurat (3 SKS), dan Pratika Senior (4 SKS).
Metode yang digunakan adalah pre conference dan post conference, bed
side teaching, diskusi kasus, presentasi jurnal, ronde keperawatan, seminar,
OSCE, Student Oral Case Analysis (SOCA), Case report dan operan dinas,
Problem solving for better health/ hospital (PSBH), terapi aktifitas kelompok,
pendidikan kesehatan dan penerapan program inovasi dan pendelegasian
kewenangan bertahap. Adapun metode dalam memberikan asuhannya
menggunakan proses keperawatan yang meliputi pengkajian, diagnosa
keperawatan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi (AIPNI, 2015).
Hasil pelaksanaan Praktik Profesi Ners diharapkan mahasiswa mampu
membina hubungan interpersonal dengan menerapkan komunikasi nsecara efektif
kepada klien terdiri dari individu, keluarga, kelompok khusus, masyarakat dan tim
kesehatan, mampu melaksanakan asuhan keperawatan profesional di klinik dan
komunitas dengan menerapkan aspek legal dan etis, mampu melakukan
pendidikan kesehatan kepada klien, individu, keluarga, kelompok khusus dan
komunitas di berbagai area kesehatan, mampu mengaplikasikan kepemimpinan
dan managemen keperawatan.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
INDRIYANI, DIYAN
NIDN0003117001

Item Type: Thesis (Profession Education)
Keywords/Kata Kunci: Student oral case analysis, case report
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Divisions: Faculty of Health > Nurse Profession Education
Depositing User: Finda Imalasari | findaimalasari@gmail.com
Date Deposited: 21 Apr 2025 01:51
Last Modified: 22 Apr 2025 02:52
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24627

Actions (login required)

View Item View Item