Implementasi Metode Wafa dalam Meningkatkan Bacaan Al Qur'an Santriwati



Assabiela, Nazil Ghisomi (2025) Implementasi Metode Wafa dalam Meningkatkan Bacaan Al Qur'an Santriwati. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of daftar isi_merged.pdf] Text
daftar isi_merged.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6.pdf] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[thumbnail of Rujukan.pdf] Text
Rujukan.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of Lampiran 1.pdf] Text
Lampiran 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan membaca Al Qur’an yaitu kemampuan melafalkan ayat-ayat Al Qur’an dengan menerapkan kaedah-kaedah ilmu tajwid, kefasihan, panjang pendek, dan makharijul huruf (tempat keluarnya huruf hijaiyyah). Dalam realitanya tanpa mengetahui dan mempelajari kaedah ilmu tajwid dan makharijul huruf dapat menjadi faktor kesulitan dalam melafalkan ayat Al Qur’an dengan benar dan fasih. Di Boarding School Bambu Kuning Tanggul menerapkan metode Wafa sebagai metode dalam pembelajaran Al Qur’an yang tersusun secara runtun, lengkap, dan jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca Al Qur’an santriwati Boarding School Bambu Kuning Tanggul, dan implementasi metode wafa dalam meningkatkan bacaan Al Qur’an santriwati Boarding School Bambu Kuning Tanggul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggali informasi secara langsung dari informan yang terkait di Boarding School Bambu Kuning Tanggul. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan /verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukkan : (1) Implementasi Metode Wafa dalam Meningkatkan Bacaan Al Qur’an Santriwati Boarding School Bambu Kuning Tanggul, yaitu perencanaan meliputi kegiatan memetakan kelompok belajar, menstandarisasi pengajar Al Qur’an, penentuan materi pembelajaran, dan penentuan waktu pembelajaran. Pelaksanaan meliputi, kegiatan pembelajaran 5P (pembukaan, pengalaman, pengajaran, penilaian, penutupan). Menggunakan Model Baca Tiru (BT), Baca Simak Klasikal (BSK), Baca Simak Privat (BSP). Dengan penggunaan media ajar berupa buku ajar Wafa dan peraga dan pembelajaran secara integral 7M (memetakan, memperbaiki, menstandarisasi, mendampingi, monitoring, munaqosyah, dan mengukuhkan) dan 5T (Tahsin, tahfidz, tarjamah, tafhim, tafsir). Dan meliputi penilaian harian, ujian kenaikan jilid, dan penilaian akhir (munaqosyah Wafa). (2) Kemampuan membaca Al Qur’an mayoritas santriwati di Boarding School Bambu Kuning Tanggul sudah bagus, dapat memahami kaedah ilmu tajwid, panjang pendek, dan makharijul huruf, dan menerapkan dalam pembacaan Al Qur’an dengan baik, hanya saja dengan tempo yang terlalu cepat saat tilawah, menjadi faktor yang mempengaruhi kekeliruan makhraj dan tajwid.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Nursyamsiyah, Siti
NIDK1979020610509518
UNSPECIFIED
Putra, Dhian Wahana
NIDK0729108601

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kemampuan membaca Al Qur’an, Metode Wafa, Pembelajaran Al Qur’an.
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.3 Islamic Worship
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Nazil Ghisomi Assabiela | Nazil.ghisomi@gmail.com
Date Deposited: 30 Apr 2025 08:27
Last Modified: 30 Apr 2025 08:27
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24826

Actions (login required)

View Item View Item