STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN 7P (PODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION, PEOPLE, PROCESS, PHYSICAL EVIDENCE) DALAM EFEKTIVITAS PELAYANAN WISATAWAN LOKAL DI MUSEUM BLAMBANGAN



ROSAWATI, IKE (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN 7P (PODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION, PEOPLE, PROCESS, PHYSICAL EVIDENCE) DALAM EFEKTIVITAS PELAYANAN WISATAWAN LOKAL DI MUSEUM BLAMBANGAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (738kB)
[thumbnail of 3. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (678kB)
[thumbnail of 4. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf] Text
4. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
5. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV PEMBAHASAN.pdf] Text
6. BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V PENUTUP.pdf] Text
7. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (674kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB) | Request a copy

Abstract

Banyuwangi dikenal dengan salah satu daerah dengan potensi pariwisata yang berkembang pesat di Jawa Timur. Salah satu objek wisata budaya yang turun temurun berperan dalam mendukung sektor ini adalah Museum Blambangan. Museum ini tidak hanya menyimpan nilai-nilai sejara dan budaya lokal, tetapi juga berusaha menghadirkan pelayanan terbaik bagi pengunjungnya. Dalam konteks ini, strategi komunikasi pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence) menjadi pendekatan penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan wiisatawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan strategi komunikasi pemasaran 7P I Museum Blambangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Museum telah mengimplementasikan strategi 7P dengan cukup baik, seperti penataan kleksi yang menarik (Product) harga tiket yang terjangkau (Price), dan ketersediaan pemesanan daring (Place). Promosi melalui media sosial seperti instagram juga terbukti efektif, meskipun masih terdapat bebrapa kendala seperti kurangnya pemanfaatan platform lain seperti tiktok dan keterbatasan promosi offline. Pada aspek people, keterampilan dan pelayanan staf sudah cukup baik namun masih perlu meningkatkan dalam hal profesionalisme dan interaksi. Dari segi process dan physical evidence, sistem kunjungan dan fasilitas fisik Museum menunjukkan adanya upaya perbaikan meski belum sepenuhnya optimal. Dengan demikian, keberhasilan penerapan strategi 7P di Museum Blambanagn berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pelayanan kepada pengunjung. Namun, diperlukan pengembangan lebih lanjut agar Museum dapat bersaing sebagai destinasi budaya yang unggul di tengah pesatnya pertumbuhan pariwisata yang ada di Banyuwangi.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
PRATAMA, ADITYA DIMAS
NIDN0709028806

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran 7P, Museum Blambangan, Efektivitas Pelayanan, Banyuwangi
Subjects: 800 Literature and Rhetoric
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1)
Depositing User: Ike Nuer Rosawati | ikenuer.r@gmail.com
Date Deposited: 15 May 2025 07:05
Last Modified: 15 May 2025 07:05
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24976

Actions (login required)

View Item View Item