STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN 7P (PODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION, PEOPLE, PROCESS, PHYSICAL EVIDENCE) DALAM EFEKTIVITAS PELAYANAN WISATAWAN LOKAL DI MUSEUM BLAMBANGAN
ROSAWATI, IKE (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN 7P (PODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION, PEOPLE, PROCESS, PHYSICAL EVIDENCE) DALAM EFEKTIVITAS PELAYANAN WISATAWAN LOKAL DI MUSEUM BLAMBANGAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (738kB) |
![]() |
Text
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (678kB) |
![]() |
Text
4. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (764kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (676kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (674kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (723kB) | Request a copy |
Abstract
Banyuwangi dikenal dengan salah satu daerah dengan potensi pariwisata yang berkembang pesat di Jawa Timur. Salah satu objek wisata budaya yang turun temurun berperan dalam mendukung sektor ini adalah Museum Blambangan. Museum ini tidak hanya menyimpan nilai-nilai sejara dan budaya lokal, tetapi juga berusaha menghadirkan pelayanan terbaik bagi pengunjungnya. Dalam konteks ini, strategi komunikasi pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence) menjadi pendekatan penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan wiisatawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan strategi komunikasi pemasaran 7P I Museum Blambangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Museum telah mengimplementasikan strategi 7P dengan cukup baik, seperti penataan kleksi yang menarik (Product) harga tiket yang terjangkau (Price), dan ketersediaan pemesanan daring (Place). Promosi melalui media sosial seperti instagram juga terbukti efektif, meskipun masih terdapat bebrapa kendala seperti kurangnya pemanfaatan platform lain seperti tiktok dan keterbatasan promosi offline. Pada aspek people, keterampilan dan pelayanan staf sudah cukup baik namun masih perlu meningkatkan dalam hal profesionalisme dan interaksi. Dari segi process dan physical evidence, sistem kunjungan dan fasilitas fisik Museum menunjukkan adanya upaya perbaikan meski belum sepenuhnya optimal. Dengan demikian, keberhasilan penerapan strategi 7P di Museum Blambanagn berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pelayanan kepada pengunjung. Namun, diperlukan pengembangan lebih lanjut agar Museum dapat bersaing sebagai destinasi budaya yang unggul di tengah pesatnya pertumbuhan pariwisata yang ada di Banyuwangi.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingPRATAMA, ADITYA DIMASNIDN0709028806
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Komunikasi Pemasaran 7P, Museum Blambangan, Efektivitas Pelayanan, Banyuwangi |
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric |
Divisions: | Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1) |
Depositing User: | Ike Nuer Rosawati | ikenuer.r@gmail.com |
Date Deposited: | 15 May 2025 07:05 |
Last Modified: | 15 May 2025 07:05 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24976 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |