STRATEGI KOMUNIKASI GURU DENGAN ANAK USIA DINI DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DI TK DEWI MASYITOH 18 DESA MUNDUREJO KECAMATAN UMBULSARI KABUPATEN JEMBER
Noviastutik, Ayunda (2025) STRATEGI KOMUNIKASI GURU DENGAN ANAK USIA DINI DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DI TK DEWI MASYITOH 18 DESA MUNDUREJO KECAMATAN UMBULSARI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (570kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (472kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (703kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (585kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (960kB) | Request a copy |
Abstract
Komunikasi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari yang mengacu pada pertukaran informasi antara individu ke individu lain, terutama dalam hal pendidikan. Setiap guru memerlukan komunikasi yang merupakan bagian utama dari semua kegiatan yang dilakukan. Berkomunikasi dengan anak kecil tidaklah mudah, dalam penelitian ini permasalahan-permasalahan komunikasi muncul pada hubungan antara guru dengan siswa dalam menanamkan nilai-nilai keislaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan guru dalam menanamkan nilai-nilai keislaman di TK Dewi Masyitoh 18. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang data-datanya dihasilkan dari wawancara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori cutlip dan center. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa dalam penanaman nilai-nilai keislaman pada murid di TK Dewi Masyitoh 18 yaitu guru menghimbau dan mengajarkan anak-anak untuk sholat dhuha, mempraktekkan di setiap gerakan sholat yang benar dan bacaan-bacaan sholat. Mengajarkan surat-surat pendek, doa-doa, menghafalkan rukun islam dan rukun iman dan adab. Setiap Kamis, Jum’at dan Sabtu anak-anak mengaji dengan membaca iqro’dan menulis huruf hijaiyah. Kegiatan setiap Jum’at yasin dan tahlil. Faktor penghambatnya anak-anak yang kurang fokus, terlalu aktif dan kemampuan anak-anak tidak sama dalam menerima pembelajaran yang ada.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Guru, Siswa, Nilai-nilai keislaman.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingCahyono, Hery B.071304630
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Strategi komunikasi, guru, siswa, nilai-nilai keislaman |
Subjects: | 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations |
Divisions: | Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1) |
Depositing User: | Ayunda Noviastutik | ayundan07@gmail.com |
Date Deposited: | 22 May 2025 01:52 |
Last Modified: | 22 May 2025 01:52 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25000 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |