HUBUNGAN NURSES RESPONSIVENESS DENGAN PATIENT SATISFACTION DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT PARU JEMBER



HALIMA, EKA CINDY (2025) HUBUNGAN NURSES RESPONSIVENESS DENGAN PATIENT SATISFACTION DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT PARU JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (761kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (759kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. BAB VII.pdf] Text
9. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB) | Request a copy
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (772kB)
[thumbnail of 11. LAMPIRAN.pdf] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Nurses responsiveness mengacu pada kecepatan dan ketepatan perawat secara keseluruhan, kemampuan mereka memberikan informasi kepada pasien tentang prosedur keperawatan, dan kecepatan perawat dalam menanggapi permintaan bantuan pasien dan keluarga selama pemberian asuhan keperawatan yang dilakukan oleh perawat. Tujuannya Mengidentifikasi Hubungan Nurses Responsiveness dengan Patient Satisfaction di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Paru Jember. Metode: Penelitian ini menerapkan desain penelitian korelasi dengan pendekatan Studi Cross-Sectional dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden rawat inap ruang tulip dan Bougenville Rumah Sakit Paru Jember yang diambil menggunakan teknik quota sampling. Instrumen pada penelitian ini berupa kuesioner. Hasil: Ditemukan dari 10 responden menyatakan kurang tanggap dengan 80% merasa tidak puas dan 20% merasa puas. 50 responden menyatakan tanggap dengan 94% nya merasa puas. Uji statistik responsiveness dengan patient satisfaction menggunakan spearman rank (rho) dengan α = 0,05 didapatkan p value = 0,000 dan r = 0,944 yang artinya responsiveness memiliki hubungan dalam kategori sangat kuat dengan patient satisfaction. Simpulan: Semakin baik nurses responsiveness yang diberikan maka patient satisfaction akan meningkat.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
ASMUJI, ASMUJI
nidn0015067201
Dosen Pembimbing
HARYANTI, DWI YUNITA
nidn0719068201

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Responsiveness, Puas, Satisfaction, Tanggap
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 601 Philosophy and Theory of Technology > 607 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Eka Cindy Halima | ekasindyh@gmail.com
Date Deposited: 31 May 2025 02:55
Last Modified: 31 May 2025 02:55
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25041

Actions (login required)

View Item View Item