IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL MELALUI APLIKASI CANVA PADA MATERI BANGUN RUANG PADA JENJANG SMP



Ekasari, Sevi Nur (2025) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL MELALUI APLIKASI CANVA PADA MATERI BANGUN RUANG PADA JENJANG SMP. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (776kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (998kB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (965kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB) | Request a copy
[thumbnail of H. BAB VI.pdf] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB) | Request a copy
[thumbnail of I. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (804kB)
[thumbnail of J. LAMPIRAN.pdf] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memberikan motivasi dan meningkatkan pemahaman
pembelajaran dengan penggunaan media ajar audio visual yang dirancang melalui
aplikasi canva untuk materi bangun ruang. Peneliti ini mengimplementasikan media
ajar audio visual melalui canva pada kelas VII diharapkan para siswa mendapatkan
pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Metodologi yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif dengan subjek kelas VII SMPN 1 Tegalsari sebanyak 32
siswa. Pengambilan data dilakukan melalui berbagai metode dengan angket, tes
pemahaman konsep meliputi pretest dan posttest, wawancara, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan minat tinggi dalam pembelajaran dengan bantuan media
audio visual melalui aplikasi canva. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil angket respon
siswa serta hasil tes belajar siswa melalui pretest dan posttest. Angket siswa
menunjukkan hasil dalam kategori tinggi dapat dikatakan siswa dapat meningkattkan
motivasi, hasil belajar siswa juga terlihat adanya peningkatan melalui pretest dan
posttest. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar
siswa dan pemahaman siswa melalui penerapan media pembelajaran interaktif
berbentuk audio visual melalui aplikasi canva.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Rhomdani, Rohmad Wahid
NIDN0729048701
Dosen Pembimbing
Agustina, Lady
NIDN0722088102

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Media Pembelajaran, Audio Visual, Canva, Bangun Ruang
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Sevi Nur Ekasari | sevieka38@gmail.com
Date Deposited: 11 Jun 2025 01:25
Last Modified: 11 Jun 2025 01:25
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25078

Actions (login required)

View Item View Item