IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL MELALUI APLIKASI CANVA PADA MATERI BANGUN RUANG PADA JENJANG SMP
Ekasari, Sevi Nur (2025) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL MELALUI APLIKASI CANVA PADA MATERI BANGUN RUANG PADA JENJANG SMP. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (776kB) |
![]() |
Text
C. BAB I.pdf Download (998kB) |
![]() |
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (965kB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (918kB) | Request a copy |
![]() |
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (793kB) | Request a copy |
![]() |
Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (804kB) |
![]() |
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memberikan motivasi dan meningkatkan pemahaman
pembelajaran dengan penggunaan media ajar audio visual yang dirancang melalui
aplikasi canva untuk materi bangun ruang. Peneliti ini mengimplementasikan media
ajar audio visual melalui canva pada kelas VII diharapkan para siswa mendapatkan
pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Metodologi yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif dengan subjek kelas VII SMPN 1 Tegalsari sebanyak 32
siswa. Pengambilan data dilakukan melalui berbagai metode dengan angket, tes
pemahaman konsep meliputi pretest dan posttest, wawancara, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan minat tinggi dalam pembelajaran dengan bantuan media
audio visual melalui aplikasi canva. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil angket respon
siswa serta hasil tes belajar siswa melalui pretest dan posttest. Angket siswa
menunjukkan hasil dalam kategori tinggi dapat dikatakan siswa dapat meningkattkan
motivasi, hasil belajar siswa juga terlihat adanya peningkatan melalui pretest dan
posttest. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar
siswa dan pemahaman siswa melalui penerapan media pembelajaran interaktif
berbentuk audio visual melalui aplikasi canva.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingRhomdani, Rohmad WahidNIDN0729048701Dosen PembimbingAgustina, LadyNIDN0722088102
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Media Pembelajaran, Audio Visual, Canva, Bangun Ruang |
Subjects: | 000 Computer Science, Information, & General Works |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Sevi Nur Ekasari | sevieka38@gmail.com |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 01:25 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 01:25 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25078 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |