PENGEMBANGAN E-LKPD LIVEWORKSHEETS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA PADA MATERI KINGDOM MONERA



LAROS, VIZZA AZ ZAHRA AL (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD LIVEWORKSHEETS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA PADA MATERI KINGDOM MONERA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of H. BAB VI.pdf] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB) | Request a copy
[thumbnail of I. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of J. LAMPIRAN.pdf] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of K. ARTIKEL.pdf.pdf] Text
K. ARTIKEL.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kondisi pembelajaran Kingdom Monera di beberapa SMA negeri dan swasta di Jember terdapat tantangan yang dilihat berdasarkan hasil analisis kebutuhan, terutama dalam pemanfaatan media digital. Sebesar 67% guru belum mengembangkan LKPD digital dan belum sepenuhnya menerapkan indikator berpikir kreatif dan kritis. Sementara itu, 94,34% siswa tertarik pada Biologi, namun kesulitan memahami materi Kingdom Monera karena sifatnya abstrak, minim media visual, serta lemahnya kemampuan menganalisis masalah dan menciptakan ide baru. Kondisi ini menunjukkan perlunya E-LKPD berbasis Problem Based Learning untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan kreatif.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari di SMA Negeri 3 Jember. Subjek pada penelitian ini yaitu 3 validator ahli dosen, 2 validator ahli praktisi dan 36 peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur validitas, efektivitas, dan praktikalitas media pembelajaran E-LKPD Liveworksheet berbasis PBL yang bermuatan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas yang dikembangkan.
Penelitian yang dilakukan menggunakan lima tahap pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan angket need assessment guru & peserta didik, angket validasi ahli dosen dan praktisi, tes hasil belajar dalam bentuk prettest dan posttest, serta angket respon peserta didik. Data yang didapatkan akan dianalisis untuk mengetahui validitas produk, respon peserta didik, dan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran E-LKPD Liveworksheets berbasis PBL pada materi Kingdom Monera memiliki tingkat validitas sangat tinggi sebesar 89%, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Media ini juga terbukti efektif dalam melatih keterampilan berpikir kritis dan kreativitas peserta didik, dengan hasil uji N-gain sebesar 0,8278, keterampilan berpikir kritis sebesar 88%, dan kreativitas sebesar 92%. Dari segi kepraktisan, media ini dinilai sangat praktis digunakan dengan persentase sebesar 80%. Sehingga produk yang dikembangkan yaitu E-LKPD Liveworksheets berbasis PBL dinyatakan valid, efektif, dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran yang mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa pada materi Kingdom Monera.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
PRIANTARI, IKA
NIDN0715018301
Dosen Pembimbing
PRAFITASARI, AULYA NANDA
NIDN0711039105

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: E-LKPD, PBL, Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif, Kingdom Monera
Subjects: 100 Philosophy > 101 Theory of Philosophy > 107 Education, Research
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Vizza Az zahra Al laros | vizzaazzahra7@gmail.com
Date Deposited: 24 Jun 2025 03:28
Last Modified: 24 Jun 2025 03:28
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25196

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item