PENGARUH CONTENT MARKETING GRATIS ONGKIR DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE SOMETHINC PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS MAHASISWA KOTA JEMBER)
ALIZAH, APRILIA ULVA NOER (2025) PENGARUH CONTENT MARKETING GRATIS ONGKIR DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE SOMETHINC PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS MAHASISWA KOTA JEMBER). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (633kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (680kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (561kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Seiring dengan adanya perkembangan teknologi dan internet yang berdampak pada perubahan perilaku konsumen salah satunya perilaku pembelian, yaitu berbelanja secara online. Adanya perubahan perilaku pembelian membuat platform marketplace berkembang pesat, salah satu marketplace yang menjadi pilihan konsumen dalam membeli produk adalah Shopee. Faktor-faktor seperti content marketing, gratis ongkir, dan online customer review diyakini dapat mempengaruhi keputusan pembelian secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh content marketing, gratis ongkir, dan online customer review terhadap keputusan pembelian skincare Somethinc pada marketplace Shopee dengan studi kasus mahasiswa Kota Jember. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui kuesioner dengan total sampel 190. Hasil penelitian menunjukkan content marketing berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian(sig.0,001, thitung 4,440> t tabel 1,972), gratis ongkir berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (sig.0,001, t hitung 4,380> t tabel 1,972), dan online customer review berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (sig. 0,000, t hitung 3,692> t tabel 1,972). Hasil uji determinasi sebesar 67,6% yang berarti 67,6% perubahan pada variabel keputusan pembelian dapat dijelakan oleh ketiga variabel. Hasil penelitian dapat memberikan kontribusi bagi produk skincare Somethinc dalam menentukan strategi marketing guna meningkatkan penjualan.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingSUPENI, RETNO ENDAHNIDN0722056703Dosen PembimbingSETIANINGSIH, WAHYU EKONIDN0708127901
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | content marketing, gratis ongkir, online customer review, keputusan pembelian, mahasiswa, marketplace |
Subjects: | 300 Social Science > 330 Economics |
Divisions: | Faculty of Economics > Department of Management (S1) |
Depositing User: | Aprilia Ulva Noer Alizah | apriliaulva2403@gmail.com |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 02:14 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 02:14 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25254 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |