PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA PURA MANDHARA GIRI SEMERU AGUNG MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI DI SMA



ADINDA, SHANTY BUNGA (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA PURA MANDHARA GIRI SEMERU AGUNG MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI DI SMA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy
[thumbnail of H. BAB VI.pdf] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of I. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)
[thumbnail of J. LAMPIRAN.pdf] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika dengan konteks arsitektur Pura Mandhara Giri Semeru Agung pada materi transformasi geometri untuk siswa kelas XI SMA. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang mencakup tahapan Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluation. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi produk, wawancara dengan guru, dan angket respon siswa. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi, wawancara guru, dan angket respon siswa. Hasil menunjukkan LKPD yang dikembangkan sangat valid dengan tingkat validitas 98,335%, dan sangat praktis menurut respon siswa (88,89%) serta guru (97,50%). Penggunaan LKPD juga meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik, terbukti dari kenaikan nilai rata-rata dari 82,25 menjadi 89,07, dengan seluruh siswa dinyatakan tuntas. LKPD ini efektif dalam mengaitkan konsep matematika dengan nilai-nilai budaya lokal secara kontekstual dan bermakna. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengkaji pengaruh LKPD ini pada jenjang pendidikan lainnya.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
FIRDAUS, HANA PUSPITA EKA
NIDN0714069002
Dosen Pembimbing
FATQURHOHMAN, FATQURHOHMAN
NIDN0711028602

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Etnomatematika, LKPD, Transformasi Geometri
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Shanty Bunga Adinda | shantybunga.adinda@gmail.com
Date Deposited: 08 Jul 2025 01:47
Last Modified: 08 Jul 2025 01:47
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25368

Actions (login required)

View Item View Item