PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA PURA MANDHARA GIRI SEMERU AGUNG MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI DI SMA
ADINDA, SHANTY BUNGA (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA PURA MANDHARA GIRI SEMERU AGUNG MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI DI SMA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
C. BAB I.pdf Download (433kB) |
![]() |
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) | Request a copy |
![]() |
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
![]() |
Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika dengan konteks arsitektur Pura Mandhara Giri Semeru Agung pada materi transformasi geometri untuk siswa kelas XI SMA. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang mencakup tahapan Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluation. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi produk, wawancara dengan guru, dan angket respon siswa. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi, wawancara guru, dan angket respon siswa. Hasil menunjukkan LKPD yang dikembangkan sangat valid dengan tingkat validitas 98,335%, dan sangat praktis menurut respon siswa (88,89%) serta guru (97,50%). Penggunaan LKPD juga meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik, terbukti dari kenaikan nilai rata-rata dari 82,25 menjadi 89,07, dengan seluruh siswa dinyatakan tuntas. LKPD ini efektif dalam mengaitkan konsep matematika dengan nilai-nilai budaya lokal secara kontekstual dan bermakna. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengkaji pengaruh LKPD ini pada jenjang pendidikan lainnya.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingFIRDAUS, HANA PUSPITA EKANIDN0714069002Dosen PembimbingFATQURHOHMAN, FATQURHOHMANNIDN0711028602
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Etnomatematika, LKPD, Transformasi Geometri |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Shanty Bunga Adinda | shantybunga.adinda@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 01:47 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 01:47 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25368 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |