DESAIN DAN ANALISIS CRASH BODI MOBIL JEEP OFF-ROAD MENGGUNAKAN SOFTWARE ANSYS



ISWANTO, FIRNANDA FAIQ (2025) DESAIN DAN ANALISIS CRASH BODI MOBIL JEEP OFF-ROAD MENGGUNAKAN SOFTWARE ANSYS. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of a.Halaman depan.pdf] Text
a.Halaman depan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of b.Abstrak.pdf] Text
b.Abstrak.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of c.Bab 1.pdf] Text
c.Bab 1.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of d.Bab 2.pdf] Text
d.Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (983kB) | Request a copy
[thumbnail of e.Bab 3.pdf] Text
e.Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB) | Request a copy
[thumbnail of f.Bab 4.pdf] Text
f.Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of g.Bab 5.pdf] Text
g.Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of h.Daftar pustaka.pdf] Text
h.Daftar pustaka.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of i.Lampiran.pdf] Text
i.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB) | Request a copy
[thumbnail of j.Artikeljurnal skripsi.pdf] Text
j.Artikeljurnal skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respons deformasi, tegangan, dan
faktor keselamatan dari enam desain bodi mobil jeep off-road dengan variasi
kecepatan tabrakan menggunakan simulasi numerik berbasis software ANSYS.
Keenam model yang dianalisis meliputi Jeep Wrangler Rubicon, Wrangler
Modification, G-Class G63, Grand Vitara, Evoque 2020, dan Jeep Willys MB 1942.
Simulasi dilakukan pada kecepatan 20 km/jam, 40 km/jam, dan 80 km/jam
menggunakan material AISI 1045. Proses simulasi melibatkan metode Explicit
Dynamics untuk mensimulasikan skenario tabrakan frontal terhadap penghalang
tetap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan tabrakan memiliki pengaruh
signifikan terhadap peningkatan deformasi dan tegangan pada bodi kendaraan.
Faktor keselamatan (safety factor) tertinggi ditemukan pada kecepatan 20 km/jam,
sedangkan pada kecepatan 80 km/jam beberapa desain menunjukkan nilai SF < 1
yang menandakan potensi kegagalan struktural. Desain Wrangler Modification
pada kecepatan 20 km/jam menunjukkan performa paling stabil dengan nilai
deformasi dan tegangan minimum serta faktor keselamatan optimal. Hasil ini dapat
menjadi referensi dalam pengembangan desain bodi kendaraan off-road yang lebih
aman dan tahan benturan.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
ABIDIN, ASROFUL
nidn0703109207
Dosen Pembimbing
JOKO, KOS
nidn0715126901

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kata kunci: ANSYS, crash test, jeep off-road, deformasi, tegangan, safety factor
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 690 Planning, Anaysis, Engineering Design
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Firnanda Faiq Iswanto | faiqstyles@gmail.com
Date Deposited: 16 Jul 2025 04:17
Last Modified: 16 Jul 2025 04:17
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25582

Actions (login required)

View Item View Item