Studi Evaluasi Indeks Kerusakan Permukaan Jalan Lentur dengan Memperhatikan Karakteristik Tanah Dasar Menggunakan Metode Pavement Condition Index di Jalan Tanggul Kencong



PUTRI, SONIA RAHMA FAJAR (2025) Studi Evaluasi Indeks Kerusakan Permukaan Jalan Lentur dengan Memperhatikan Karakteristik Tanah Dasar Menggunakan Metode Pavement Condition Index di Jalan Tanggul Kencong. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (588kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (595kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (538kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ruas Jalan Tanggul–Kencong menunjukkan berbagai jenis kerusakan meskipun belum mencapai umur rencana. Kerusakan ini dapat berlanjut tanpa perbaikan yang tepat, mengakibatkan biaya pemeliharaan yang tinggi dan
meningkatkan risiko kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi permukaan jalan menggunakan metode PCI dan memperhatikan karakteristik tanah dasar melalui data LHR dan uji DCPT. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan studi eksperimental, dengan data
primer mencakup LHR, jenis dan gambar kerusakan, serta data tanah, dan data sekunder dari artikel dan peraturan terkait. Hasil survei visual menunjukkan kerusakan dominan berupa pelepasan butir dan retak selip, dengan nilai PCI
rata-rata 44 (sedang). Analisis LHR menunjukkan ESA 4 sebesar 23.387.365, melebihi ambang batas 20.000 ESA. Nilai CBR sebesar 4% menunjukkan daya dukung tanah dasar yang tidak memadai. Oleh karena itu, stabilisasi tanah dasar
menggunakan semen dengan campuran 10%-20% direkomendasikan untuk meningkatkan daya dukung dan ketahanan jalan.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
HAMDUWIBAWA, ROFI BUDI
NIDN0008057802
Dosen Pembimbing
ABADI, TAUFAN
NIDN0710096603

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kerusakan Jalan, Metode PCI, Tanah Dasar, Stabilisasi Tanah
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: Sonia Rahma Fajar Putri | soniarahma423@gmail.com
Date Deposited: 17 Jul 2025 02:25
Last Modified: 17 Jul 2025 02:25
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25632

Actions (login required)

View Item View Item