Studi Evaluasi Indeks Kerusakan Permukaan Jalan Lentur dengan Memperhatikan Karakteristik Tanah Dasar Menggunakan Metode Pavement Condition Index di Jalan Tanggul Kencong
PUTRI, SONIA RAHMA FAJAR (2025) Studi Evaluasi Indeks Kerusakan Permukaan Jalan Lentur dengan Memperhatikan Karakteristik Tanah Dasar Menggunakan Metode Pavement Condition Index di Jalan Tanggul Kencong. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (588kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (595kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (538kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Ruas Jalan Tanggul–Kencong menunjukkan berbagai jenis kerusakan meskipun belum mencapai umur rencana. Kerusakan ini dapat berlanjut tanpa perbaikan yang tepat, mengakibatkan biaya pemeliharaan yang tinggi dan
meningkatkan risiko kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi permukaan jalan menggunakan metode PCI dan memperhatikan karakteristik tanah dasar melalui data LHR dan uji DCPT. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan studi eksperimental, dengan data
primer mencakup LHR, jenis dan gambar kerusakan, serta data tanah, dan data sekunder dari artikel dan peraturan terkait. Hasil survei visual menunjukkan kerusakan dominan berupa pelepasan butir dan retak selip, dengan nilai PCI
rata-rata 44 (sedang). Analisis LHR menunjukkan ESA 4 sebesar 23.387.365, melebihi ambang batas 20.000 ESA. Nilai CBR sebesar 4% menunjukkan daya dukung tanah dasar yang tidak memadai. Oleh karena itu, stabilisasi tanah dasar
menggunakan semen dengan campuran 10%-20% direkomendasikan untuk meningkatkan daya dukung dan ketahanan jalan.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingHAMDUWIBAWA, ROFI BUDINIDN0008057802Dosen PembimbingABADI, TAUFANNIDN0710096603
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Kerusakan Jalan, Metode PCI, Tanah Dasar, Stabilisasi Tanah |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Sonia Rahma Fajar Putri | soniarahma423@gmail.com |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 02:25 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 02:25 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25632 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |