EVALUASI KINERJA DAN TEBAL LAPIS PERKERASAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA 2013 DAN DRAINASE JALAN (Studi Kasus Jalan Raya Benculuk Kec. Cluring Kab. Banyuwangi)

Priawitama, Akhmad Widya (2019) EVALUASI KINERJA DAN TEBAL LAPIS PERKERASAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA 2013 DAN DRAINASE JALAN (Studi Kasus Jalan Raya Benculuk Kec. Cluring Kab. Banyuwangi). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
b. Abstrak.pdf

Download (144kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (775kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB) | Request a copy
[img] Text
h. Daftar Pustaka.pdf

Download (311kB)
[img] Text
i. Lampiran.pdf

Download (5MB)
[img] Text
j DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (430kB)
[img] Text
k. Artikel.pdf

Download (730kB)

Abstract

EVALUASI KINERJA DAN TEBAL LAPIS PERKERASAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA 2013 DAN DRAINASE JALAN (Studi Kasus Jalan Raya Benculuk Kec. Cluring Kab. Banyuwangi) Akhmad Widya Priawitama Dosen Pembimbing : Rofi Budi Hamduwibawa, ST,MT ; Taufan Abadi, ST,MT Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jember Jalan Karimata 49, Jember 68121, Indonesia RINGKASAN Jalan suatu prasarana yang mendukung dan berperan penting dalam sektor perhubungan. Dengan kondisi jalan yang baik lebih memudahkan mobilitas penduduk di suatu daerah dalam menjalankan kegiatan sosial dan perekonomian. Peningkatan prasarana transportasi darat dapat menunjang kelancaran dan pemerataan pembangunan di daerah maupun nasional. Adapun jalan raya ini adalah jalan kelas II yang sering dilewati oleh kendaraan berat. Seperti diketahui jalan raya Benculuk ini merupakan jalan raya dari berbagai tujuan, Misalkan kendaraan berat (angkutan) dari jember ke banyuwangi. Misalkan seperti kendaraan pribadi, truk/truk gandengan atau semi/trailer yang mengangkut barang komoditi atau barang lainnya. Dengan kondisi seperti ini, perlunya mengevaluasi tebal perkerasan lentur pada jalan tersebut. Oleh sebab itu diperlukan penanganan kontruksi perkerasan yang baik yang bersifat normalisasi, peningkatan atau rehalibitasi akan dapat dilakukan secara optimal apabila faktor-faktor penyebab terjadinya kerusakan telah diketahui. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja jalan raya Benculuk, bagaimana mengevaluasi kondisi tebal lapis perkerasan lentur dengan menggunakan metode bina marga 2013 UR 20 tahun, dan bagaimana mengevaluasi dimensi saluran drainase jalan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisa kinerja pada jalan raya Benculuk, (2) menganalisa kondisi perkerasan lentur dengan metode bina marga 2013 UR 20 tahun (3) mengevaluasi dimensi saluran drainase jalan. Penelitian dilaksanakan di Jl. Raya Benculuk Kec. Cluring Kab. Banyuwangi dengan metode bina marga 2013 UR 20 tahun untuk menghitung tebal lapis perkerasan lentur jalan raya Benculuk dan metode strickler untuk menghitung dimensi dari saluran drainase jalan. Hasil perhitungan perencanaan tebal perkerasan bina marga 2013 didapatkan tebal perkerasan lentur sebesar 47,5 cm, AC WC 4 cm, AC BC 13,5 cm, LPA Kelas A 15 cm, LPA Kelas A 15 cm. Hasil dari dimensi saluran drainase b 0,9 m dan h 1,1 m direncanakan sepanjang 2 km pada KM Genteng 6 + 400 (kiri) dengan nilai gradien drainase 60% dan menggunakan material pasangan batu disemen. Kata Kunci : Kinerja, Perkerasan lentur jalan raya, Saluran drainase, Benculuk, Kabupaten Banyuwangi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Perkerasan lentur jalan raya, Saluran drainase, Benculuk,Kabupaten Banyuwangi
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Users 153 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2019 07:33
Last Modified: 28 Oct 2019 07:33
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2572

Actions (login required)

View Item View Item