Manajemen Lalu Lintas Untuk Akses Ke Universitas Muhammadiyah Jember

Saputra, Alan (2019) Manajemen Lalu Lintas Untuk Akses Ke Universitas Muhammadiyah Jember. Undergraduate thesis, Univesitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
b. Abstrak.pdf

Download (310kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)
[img] Text
i. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
j. ARTIKEL.pdf

Download (781kB)

Abstract

MANAJEMEN LALU LINTAS UNTUK AKSES KE UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER Alan Saputra Dosen Pembimbing : Noor Salim Ir., M.Eng.,DR. ; Rofi Budi Hamduwibawa ST.,MT. Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jember Jl.Karimata 49, Jember 68121, Indonesia Email : alanfadilsaputra39@gmail.com RINGKASAN Manejemen lalu lintas adalah pengambil langkah untuk secara serius dan terus menerus mengendalikan lalu lintas serta upaya yang dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang timbul di masyarakat serta memprediksi sebelum permasalahan itu terjadi, untuk kemudian dipersiapkan solusi. Jalan merupakan prasarana angkutan darat yang sangat penting dalam memperlancar kegiatan hubungan ekonomi dan kegiatan sosial lainnya. Namun jika terjadi permasalahan kemacetan lalu lintas akibat volume lalu lintas hampir mendekati kapasitas jalan, dimana tingkat pelayanan dapat dilihat dari nilai Derajat Kejenuhan, yaitu DS = Q/C. Idealnya nilai DS ≤0,75, menurut MKJI 1997. Kinerja jalan adalah kemampuan dari suatu ruas jalan dalam melayani arus lalu lintas yang terjadi pada ruas jalan. Kinerja jalan ditentukan oleh kapasitas, derajat kejenuhan (“Degree of Saturation”, DS), kecepatan rata-rata, waktu perjalanan. Kemacetan lalu lintas terutama pada jam-jam puncak pada ruas jalan tersebut, salah satu penyebabnya adalah pertumbuhan kendaraan yang tinggi tidak diimbangi oleh pertumbuhan prasarana jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan ruas jalan dan persimpangan, faktor penyebabnya serta solusi untuk mengatasi kepadatan lalu lintas yang terjadi. Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan data primer dan sekunder yang berupa hasil survei geometrik serta LHR (Lintas Harian Rata-rata) pada ruas jalan Karimata dangan simpang tiga tak bersinyal Semeru dan Akses Universitas Muhammadiyah Jember, Kabupaten Jember. Kata Kunci : Analisa Kinerja Ruas Jalan dan Persimpangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: manajemen lalu lintas untuk akses ke universitas muhammadiyah jember 2019
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI22201#TEKNIKSIPIL" not defined]
Depositing User: Users 154 not found.
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorSalim, Noornidn0021016301
Thesis advisorHamduwibawa, Rofi Budinidn0008057802
Contact Email Address: alanfadilsaputra39@gmail.com
Date Deposited: 28 Oct 2019 06:48
Last Modified: 28 Oct 2019 06:49
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2573

Actions (login required)

View Item View Item