IMPLEMENTASI MENGHARDIK PADA MASALAH HALUSINASI PENDENGARAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PANTI JEMBER



AUDRE, OKTA VIOLITA (2025) IMPLEMENTASI MENGHARDIK PADA MASALAH HALUSINASI PENDENGARAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PANTI JEMBER. Profession Education thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. Pendahuluan.pdf] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Abstrack.pdf] Text
2. Abstrack.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB) | Request a copy

Abstract

Pendahuluan: Halusinasi merupakan salah satu gejala utama dalam gangguan
psikotik, seperti skizofrenia, dan dapat mempengaruhi fungsi sosial, perilaku,
hingga keselamatan pasien Halusinasi dapat disebabkan oleh gangguan mental
penyakit tertentu atau efek samping obat. Halusinasi dapat dilihat dari gejala yang
ditimbulkan seperti tidak bisa duduk diam, selalu bergerak, berjalan mondar
mandir, atau melamun. Metode : Penelitian ini menggunakan desain studi kasus
dengan pendekatan asuhan keperawatan jiwa. Subjek terdiri dari tiga klien dengan
masalah keperawatan gangguan persepsi sensori:halusinasi. Intervensi dilakukan
selama empat kali pertemuan. Instrumen yang digunakan berupa format asuhan
keperawatan jiwa, serta catatan harian pelaksanaan. Data dikaji melalui
pendekatan subjektif dan objektif, serta dianalisis secara deskriptif untuk
mengevaluasi perubahan kondisi klien. Hasil: Setelah implementasi teknik
menghardik, ketiga klien menunjukkan penurunan frekuensi halusinasi,
peningkatan konsentrasi, dan kemampuan mengungkap isi halusinasi secara
sederhana. Dua klien mulai mampu menggunakan teknik menghardik secara
mandiri saat halusinasi muncul, dan satu klien menunjukkan peningkatan respons
komunikasi. Kesimpulan: Teknik menghardik efektif membantu klien dalam
mengenali serta mengendalikan halusinasi pendengaran. Intervensi ini dapat
diterapkan di komunitas dengan keterlibatan aktif perawat dan dukungan
keluarga.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Yeni, Suryaningsih
NIDN0701037905

Item Type: Thesis (Profession Education)
Keywords/Kata Kunci: Halusinasi pendengaran, teknik menghardik, persepsi sensori, keperawatan jiwa.
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 020 Library and Information Sciences > 028 Reading & Use of Other Information Media
Divisions: Faculty of Health > Nurse Profession Education
Depositing User: Audre Okta Violita | audreoktav@gmail.com
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:18
Last Modified: 23 Jul 2025 02:18
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25794

Actions (login required)

View Item View Item