PERILAKU KEUANGAN PENGGUNA FINTECH PADA GEN Z DI PERGURUAN TINGGI KABUPATEN JEMBER: PERSPEKTIF LITERASI KEUANGAN DAN EMOTIONAL QUOTIENT INTELLIGENCE



FAJRIN, VANESYA MARCELINA (2025) PERILAKU KEUANGAN PENGGUNA FINTECH PADA GEN Z DI PERGURUAN TINGGI KABUPATEN JEMBER: PERSPEKTIF LITERASI KEUANGAN DAN EMOTIONAL QUOTIENT INTELLIGENCE. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (781kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh literasi keuangan dan Emotional Quotient Intelligence (EQI) terhadap perilaku keuangan pengguna layanan Fintech di kalangan Mahasiswa Generasi Z di Kabupaten Jember. Pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis data dari sampel mahasiswa aktif di perguruan tinggi setempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan dan EQI memiliki pengaruh yang signifikan secara positif terhadap perilaku keuangan mahasiswa, masing-masing dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 dan 0,001. Temuan ini menegaskan bahwa baik peningkatan pemahaman konsep keuangan maupun kecerdasan emosional berperan penting dalam membentuk perilaku keuangan yang lebih bijak, khususnya dalam konteks pemanfaatan teknologi finansial. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi edukasi keuangan dan aspek psikologis dalam upaya meningkatkan literasi keuangan generasi muda di era digital.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
PROBOWULAN, DIYAH
NIDN0730117603
Dosen Pembimbing
MARTIANA, NINA
NIDN0726037103

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Financial Literacy, Emotional Quotient Intelligence (EQI), Financial Behavior Fintech, Generation Z
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (S1)
Depositing User: Vanesya Marcelina Fajrin | vanesya0606@gmail.com
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:35
Last Modified: 29 Jul 2025 02:35
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25974

Actions (login required)

View Item View Item