ANALISIS ERGONOMI DESAIN MOBIL LISTRIK 2KW BHARATA MENGGUNAKAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESMENT (RULA)



Ibrahim, Akhdan (2025) ANALISIS ERGONOMI DESAIN MOBIL LISTRIK 2KW BHARATA MENGGUNAKAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESMENT (RULA). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of cover skripsi.pdf] Text
cover skripsi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak .pdf] Text
Abstrak .pdf

Download (64kB)
[thumbnail of Bab 1 pendahuluan .pdf] Text
Bab 1 pendahuluan .pdf

Download (263kB)
[thumbnail of Bab 2 Tinjauan Pustaka .pdf] Text
Bab 2 Tinjauan Pustaka .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3 Metodelogi Penelitian .pdf] Text
Bab 3 Metodelogi Penelitian .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4 Hasil Dan pembahasan .pdf] Text
Bab 4 Hasil Dan pembahasan .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5 Kesimpulan Dan Saran.pdf] Text
Bab 5 Kesimpulan Dan Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka .pdf] Text
Daftar pustaka .pdf

Download (282kB)
[thumbnail of Lampiran .pdf] Text
Lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan kendaraan listrik saat ini tidak hanya berfokus pada efisiensi energi, tetapi juga pada kenyamanan dan keamanan pengguna. Mobil listrik 2kW BHARATA, sebagai salah satu inovasi kendaraan listrik ringan, dirancang untuk memenuhi kebutuhan mobilitas ramah lingkungan. Namun, desain yang ergonomis menjadi faktor penting dalam mencegah gangguan musculoskeletal disorders (MSDS) yang sering dialami oleh pengguna kendaraan.Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi aspek ergonomi pada desain kabin pengemudi mobil listrik 2KW BHARATA dengan menggunakan metode Rapid Upper Limb Assessment (RULA). Permasalahan utama dalam penelitian ini mencakup: (1) bagaimana penerapan metode RULA dalam menganalisis risiko ketidaknyamanan atau potensi cedera akibat postur kerja pengemudi, serta (2) bagaimana pengaruh variasi sudut dan panjang postur tubuh pengemudi terhadap tingkat kenyamanan dan risiko cedera di dalam kabin kendaraan.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Proses perancangan kabin dilakukan menggunakan perangkat lunak SolidWorks 2017, sedangkan analisis ergonomi dilakukan melalui simulasi pada perangkat lunak CATIA V5. Subjek simulasi merupakan individu dengan tinggi badan maksimal 170 cm. Data yang diperoleh dianalisis untuk menentukan skor risiko ergonomis berdasarkan indikator dalam metode RULA.Hasil analisis menunjukkan bahwa skor akhir RULA sebesar 4, yang tergolong dalam kategori risiko sedang.

Kata Kunci: Ergonomi, RULA, Mobil Listrik, Desain Kabin, Antropometri, CATIA, SolidWorks

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Bahri, Mokh hairul
NIDN0717087203
Dosen Pembimbing
Shofiyah, Rohimatush
NIDN0726068006

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kata Kunci: Ergonomi, RULA, Mobil Listrik, Desain Kabin, Antropometri, CATIA, SolidWorks
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
600 Technology and Applied Science > 690 Planning, Anaysis, Engineering Design
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Akhdan Ibrahim | ibrahimakhdan948@gmail.com
Date Deposited: 30 Jul 2025 06:50
Last Modified: 30 Jul 2025 06:50
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26070

Actions (login required)

View Item View Item