ANALISIS ERGONOMI DESAIN MOBIL LISTRIK 2KW BHARATA MENGGUNAKAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESMENT (RULA)
Ibrahim, Akhdan (2025) ANALISIS ERGONOMI DESAIN MOBIL LISTRIK 2KW BHARATA MENGGUNAKAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESMENT (RULA). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
cover skripsi.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Abstrak .pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
Bab 1 pendahuluan .pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
Bab 2 Tinjauan Pustaka .pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 3 Metodelogi Penelitian .pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 4 Hasil Dan pembahasan .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 5 Kesimpulan Dan Saran.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar pustaka .pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
Lampiran .pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan kendaraan listrik saat ini tidak hanya berfokus pada efisiensi energi, tetapi juga pada kenyamanan dan keamanan pengguna. Mobil listrik 2kW BHARATA, sebagai salah satu inovasi kendaraan listrik ringan, dirancang untuk memenuhi kebutuhan mobilitas ramah lingkungan. Namun, desain yang ergonomis menjadi faktor penting dalam mencegah gangguan musculoskeletal disorders (MSDS) yang sering dialami oleh pengguna kendaraan.Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi aspek ergonomi pada desain kabin pengemudi mobil listrik 2KW BHARATA dengan menggunakan metode Rapid Upper Limb Assessment (RULA). Permasalahan utama dalam penelitian ini mencakup: (1) bagaimana penerapan metode RULA dalam menganalisis risiko ketidaknyamanan atau potensi cedera akibat postur kerja pengemudi, serta (2) bagaimana pengaruh variasi sudut dan panjang postur tubuh pengemudi terhadap tingkat kenyamanan dan risiko cedera di dalam kabin kendaraan.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Proses perancangan kabin dilakukan menggunakan perangkat lunak SolidWorks 2017, sedangkan analisis ergonomi dilakukan melalui simulasi pada perangkat lunak CATIA V5. Subjek simulasi merupakan individu dengan tinggi badan maksimal 170 cm. Data yang diperoleh dianalisis untuk menentukan skor risiko ergonomis berdasarkan indikator dalam metode RULA.Hasil analisis menunjukkan bahwa skor akhir RULA sebesar 4, yang tergolong dalam kategori risiko sedang.
Kata Kunci: Ergonomi, RULA, Mobil Listrik, Desain Kabin, Antropometri, CATIA, SolidWorks
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingBahri, Mokh hairulNIDN0717087203Dosen PembimbingShofiyah, RohimatushNIDN0726068006
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Kata Kunci: Ergonomi, RULA, Mobil Listrik, Desain Kabin, Antropometri, CATIA, SolidWorks |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering 600 Technology and Applied Science > 690 Planning, Anaysis, Engineering Design |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1) |
Depositing User: | Akhdan Ibrahim | ibrahimakhdan948@gmail.com |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 06:50 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 06:50 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26070 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |