PENGARUH MODAL SOSIAL, TANGGAPAN KONSUMEN DAN PEMASARAN SOSIAL TERHADAP KINERJA BISNIS UMKM KULINER (Study Kasus Pada Gen Z di Kabupaten Jember)



Ratnasari, Sevita (2025) PENGARUH MODAL SOSIAL, TANGGAPAN KONSUMEN DAN PEMASARAN SOSIAL TERHADAP KINERJA BISNIS UMKM KULINER (Study Kasus Pada Gen Z di Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (803kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (982kB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB) | Request a copy
[thumbnail of H. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (881kB)
[thumbnail of I. LAMPIRAN.pdf] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh modal sosial, tanggapan konsumen dan pemasaran sosial terhadap kinerja bisnis UMKM kuliner, dengan fokus pada generasi Z di Kabupaten Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh modal sosial, tanggapan konsumen dan pemasaran sosial terhadap kinerja bisnis UMKM kuliner, dengan fokus pada generasi Z di Kabupaten Jember. Sempel yang digunakan pada penelitian ini yaitu responden pelaku usaha UMKM di Kabupaten Jember, dengan sampel sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pengambilan (Non Probability Sampling), dengan pendekatan (Purposive Sampling) yang disesuaikan pada kreteria pengambilan sampel mencakup survei dan wawancara dengan pelaku UMKM serta konsumen untuk mengumpulkan data yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa modal sosial, tanggapan konsumen dan pemasaran sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja bisnis, terutama dalam hal penjualan dan loyalitas pelanggan. Selain itu, penerapan strategi pemasaran sosial yang efektif terbukti mampu menarik perhatian generasi Z, yang cenderung peduli terhadap isu sosial dan keberlanjutan. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi pelaku UMKM kuliner dalam merumuskan strategi yang lebih adaptif dan responsif terhadap kebutuhan pasar. Dengan memahami hubungan antara ketiga faktor ini, UMKM dapat meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha mereka di era digital.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Setyowati, Trias
NIDN0727037202
UNSPECIFIED
Setianingsih, Wahyu Eko
NIDN0708127901

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Modal Sosial, tanggapan Konsumen, Pemasaran Sosial dan Kinerja Bisnis UMKM
Subjects: 300 Social Science > 304 Factors Affecting Social Behavior
500 Natural Science and Mathematics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: Sevita Ratnasari | sevitaratnasari@gmail.com
Date Deposited: 06 Aug 2025 02:50
Last Modified: 06 Aug 2025 02:50
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26354

Actions (login required)

View Item View Item