PENGARUH BRAND TRUST, E-WOM, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI GRABFOOD DI KOTA JEMBER (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember)



MAHRUS, AHMAD RIZA FERDINANDA (2025) PENGARUH BRAND TRUST, E-WOM, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI GRABFOOD DI KOTA JEMBER (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (488kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[thumbnail of H. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (586kB)
[thumbnail of I. LAMPIRAN.pdf] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola konsumsi masyarakat, terutama dalam pemesanan makanan secara online melalui aplikasi seperti GrabFood yang menjadi platform utama di Kota Jember karena kemudahan dan kecepatan layanannya. Meskipun nilai penjualan GrabFood terus meningkat, persaingan di pasar layanan pesan antar makanan semakin ketat. Keputusan pembelian konsumen melalui GrabFood dipengaruhi oleh beberapa faktor penting, yaitu Brand Trust yang mencakup kepercayaan terhadap keamanan dan kualitas layanan, Electronic Word of Mouth (E-WOM) berupa rekomendasi dan ulasan dari pengguna lain, serta promosi seperti diskon dan gratis ongkir yang rutin ditawarkan, yang kesemuanya berperan dalam membentuk keputusan pembelian. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 144 responden dan menggunakan teknik pengambilan sampel Non probability dengan teknik Proportional Sampling, menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner kepada responden. Adapun teknik analisis data penelitian ini dengan menggunakan pengujian instrument,
asumsi klasik, regresi linear berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi R2. Hasil analisis yang diperoleh menunjukan bahwa Pengaruh Brand Trust, E-Wom, Dan Promosi berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Keputusan Pembeliann melalui GrabFood, hasil pengujian koefisien determinasi R2 yakni Tingkat kontribusi pengaruh sebesar 97% dan 3% variabel diluar penelitian meliputi desain aplikasi, kemudahan penggunaan, aksesbilitas dan kepuasan pelanggan.
Kata Kunci : Brand Trust, E-Wom, Promosi, Keputusan Pembelian

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
HERMAWAN, HARIS
NIDN0710106801
Dosen Pembimbing
WIJAYANTINI, BAYU
NIDN0717027904

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kata Kunci : Brand Trust, E-Wom, Promosi, Keputusan Pembelian
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: Ahmad Riza Ferdinanda Mahrus | mahrusferdinanda@gmail.com
Date Deposited: 08 Aug 2025 03:50
Last Modified: 08 Aug 2025 03:50
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26473

Actions (login required)

View Item View Item