DESAIN DAN ANALISIS PENGUJIAN STATIK PADA CHASSIS MOBIL GOLF MENGGUNAKAN SOFTWARE SOLIDWORKS



Purnawan, Gilang (2025) DESAIN DAN ANALISIS PENGUJIAN STATIK PADA CHASSIS MOBIL GOLF MENGGUNAKAN SOFTWARE SOLIDWORKS. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 10. ARTIKEL.pdf] Text
10. ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi kendaraan listrik saat ini mendorong peningkatan inovasi dalam desain kendaraan ringan, termasuk mobil golf yang digunakan untuk keperluan di lapangan maupun transportasi di lingkungan kampus. Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain dan menganalisis chassis mobil golf tipe ladder frame menggunakan software SolidWorks. Tujuan utama penelitian adalah pada pengujian simulasi statik terhadap tiga desain chassis yang berbeda dengan menggunakan dua jenis material baja karbon rendah, yaitu AISI 1015 dan AISI 1020. Analisis dilakukan terhadap tiga pengujian yaitu tegangan (stress), perpindahan (displacement), dan faktor keamanan (factor of safety) dalam kondisi pembebanan statik. Hasil simulasi menunjukkan bahwa desain ke�3 dengan material AISI 1020 memiliki nilai terbaik dengan stress maksimum sebesar 85,936 N/mm², displacement maksimum sebesar 1,642 mm, dan nilai FOS tertinggi sebesar 3,8. Material AISI 1020 dinilai lebih unggul dibandingkan AISI 1015 karena memiliki ketahanan terhadap tegangan dan deformasi yang lebih baik, serta memberikan nilai keamanan struktur yang lebih tinggi.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa desain chassis ke-3 dengan material baja AISI 1020 cocok untuk kendaraan mobil golf Universitas Muhammadiyah Jember.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Ana, Mufarida Nely
NIDN0022047701
Dosen Pembimbing
Kosjoko, Kosjoko
NIDN0715126901

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Chassis, Simulasi Statik, SolidWorks, Mobil Golf
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Gilang Purnawan | gilangpurnawan.2110641032@gmail.com
Date Deposited: 19 Aug 2025 06:34
Last Modified: 19 Aug 2025 06:34
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26978

Actions (login required)

View Item View Item