ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN TYPOID DENGAN MASALAH KEPERAWATAN HIPERTERMIA EVIDENCE BASED PRACTICE DI RUANG INSTALASI GAWAT DARURAT RSD KALISAT JEMBER



Sholihah, Wardatus (2019) ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN TYPOID DENGAN MASALAH KEPERAWATAN HIPERTERMIA EVIDENCE BASED PRACTICE DI RUANG INSTALASI GAWAT DARURAT RSD KALISAT JEMBER. Profession Education thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1701031018 WARDATUS SHOLIHAH.pdf] Text
1701031018 WARDATUS SHOLIHAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Profesi Ners merupakan tahapan proses adaptasi profesi untuk dapat menerima
pendelegasian kewenangan secara bertahap dalam melakukan asuhan keperaatan.
Tujuannya untuk memberi kesempatan kepada praktikan menjadi terampil dalam
menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh. Kompetensi yang dicapai dalam
menjalankan praktik Profesi Ners sebanyak 36 SKS yang meliputi: Keterampilan
Dasar Profesi I (2 SKS), Keterampilan Dasar Profesi II (2 SKS), Keperawatan
Medikal Bedah (6 SKS), Anak (3 SKS), Maternitas (3 SKS), Jiwa (3 SKS),
Gerontik (3 SKS), Gawat Darurat (3 SKS), Komunitas (3 SKS), Keluarga (2
SKS), Manajemen Keperawatan (2 SKS) dan Praktika Senior (4 SKS). Metode
yang digunakan adalah pre dan post conference, bed side teaching, ronde
keperawatan, tutorial, SOCA, presentasi jurnal, seminar, evidence base practice,
terapi aktifitas kelompok dan pendidikan kesehatan. Adapun metode diagnosa
keperawatan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Waktu praktik tahap
pertama tanggal 01 Februari sampai dengan 27 Februari 2016, tahap kedua
tanggal 15 Agustus sampai dengan 10 September 2016 dan tahap ketiga tanggal
02 Oktober 2017 sampai dengan 15 Desember 2018. Lahan praktik yang
digunakan antara lain RSD Kalisat, RSUD H. Koesnadi Bondowoso, RSD Dr.
Soebandi Jember, Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha
Bondowoso, Puskesmas Kencong, Puskesmas Mayang, Desa Tegalrejo, RS Jiwa
Radjiman Widiodiningrat Lawang Malang, dan RSU dr. Saiful Anwar Malang.
Hasil dari praktik profesi ini memberi kesempatan pada praktikan untuk berfikir
kritis dan ilmiah dalam menyelesaikan masalah pasien.Serta meningkatkan
praktikan dalam kemampuan secara teknikal memberikan asuhan keperawatan
yang komperhensif dan profesional.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Handayani, Luh Titi
nidn#

Item Type: Thesis (Profession Education)
Keywords/Kata Kunci: Daftar Pustaka 28 (2006-2017)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Divisions: Faculty of Health > Nurse Profession Education
Depositing User: Rudi Setiawan | rudi01755@gmail.com
Date Deposited: 20 Aug 2025 01:39
Last Modified: 20 Aug 2025 02:00
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27017

Actions (login required)

View Item View Item