pengaruh word of mouth, kualitas produk dan experiental marketing terhadap keputusan pembelian produk mak enak jember
arifin, muhammad shoni (2025) pengaruh word of mouth, kualitas produk dan experiental marketing terhadap keputusan pembelian produk mak enak jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
A, Pendahuluan.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
B. Abstrak.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
C. Bab 1.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
D. Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) | Request a copy |
![]() |
Text
H. Daftar Pustaka.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
I. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (767kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam persaingan bisnis makanan ringan yang semakin ketat, penting bagi pelaku usaha untuk
memahami faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Mak Enak,
sebagai salah satu usaha makanan ringan di Kabupaten Jember, terus berupaya meningkatkan
daya saing melalui pemasaran, inovasi produk, dan pengalaman pelanggan. Penelitian ini fokus
pada tiga faktor utama yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen membeli produk Mak
Enak, yaitu Word Of Mouth, kualitas produk, dan experiential marketing. Metode penelitian
yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis explanatory research terhadap konsumen Mak
Enak. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis uji t untuk mengetahui
signifikansi pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen, yaitu
keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Word Of Mouth berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, yang ditunjukkan dengan komunikasi
aktif dan rekomendasi dari konsumen berperan penting dalam meningkatkan minat beli.
Kualitas produk juga terbukti memberikan pengaruh signifikan melalui dimensi kinerja, daya
tahan, kesesuaian spesifikasi, fitur tambahan, dan estetika, sehingga persepsi positif konsumen
terhadap mutu produk mendorong terjadinya keputusan pembelian. Selain itu, experiential
marketing yang meliputi aspek sense (panca indera), feel (emosi), think (kognitif), act (perilaku),
dan relate (hubungan relasional), juga berpengaruh positif dan signifikan dalam menciptakan
pengalaman konsumen yang berkesan dan membangun loyalitas, sehingga memperkuat
keputusan pembelian.
Kata Kunci : Word Of Mouth, kualitas produk, experiential marketing, keputusan pembelian,
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen Pembimbingsuharto, akhmadNIDN0118906242Dosen Pembimbingrusdiyanto, rusdiantoNIDN2811703792
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Word Of Mouth, kualitas produk, experiential marketing, keputusan pembelian, |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 659 Advertising |
Divisions: | Faculty of Economics > Department of Management (S1) |
Depositing User: | MUHAMMAD SHONI ARIFIN | shoniarif@gmail.com |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 06:23 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 06:23 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27087 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |