ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN TUBERKULOSIS DENGAN GANGGUAN POLA TIDUR (EVIDENCE BASED PRACTICE) DI RUANG IGD RUMAH SAKIT PARU JEMBER
Ulfa, Vita Vania (2019) ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN TUBERKULOSIS DENGAN GANGGUAN POLA TIDUR (EVIDENCE BASED PRACTICE) DI RUANG IGD RUMAH SAKIT PARU JEMBER. Profession Education thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1801031011 VITA VANIA ULFA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Praktik Profesi Ners merupakan usaha belajar klinik dan lapangan yang bertujuan
untuk memberi kesempatan kepada praktikan menjadi terampil dalam menerapkan
ilmu pengetahuan yang diperoleh. Kompetensi yang dicapai dalam menjalankan
praktik Profesi Ners sebanyak 36 SKS yang meliputi: Keperawatan Dasar Profesi
I (2 SKS), Keperawatan Dasar Profesi II (2 SKS), Keperawatan Medikal Bedah (6
SKS), Keperawatan Anak (3 SKS), Keperawatan Maternitas (3 SKS),
Keperawatan Jiwa (2 SKS), Keperawatan Gerontik (3 SKS), Keperawatan Gawat
Darurat dan Kritis (3 SKS), Keperawatan Komunitas (3 SKS), Keperawatan
Keluarga (3 SKS), Manajemen Keperawatan (2 SKS) dan Praktika Senior (4
SKS). Metode yang digunakan adalah pre dan post conference, bed side teaching,
ronde keperawatan, tutorial, SOCA, DOPS, presjur, seminar, evidence base
practice, terapi aktifitas kelompok dan pendidikan kesehatan. Adapun metode
pembelajaran yang digunakan yaitu pengkajian, analisa data, diagnosa
keperawatan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Waktu praktik tahap
pertama tanggal 01 30 Januari 2017 sampai 25 Februari 2017, tahap kedua tanggal
07 Agustus 2017 sampai 02 September 2017 dan tahap ketiga tanggal 01 Oktober
2018 sampai 23 Desember 2018. Lahan praktik yang digunakan antara lain RSD
Kalisat Jember, RS DKT Jember, RSUD Dr. H. Koesnadi Bondowoso, Puskesmas
Andongsari, Desa Mayang Kecamatan Mayang Jember, RSJ dr. Radjiman
Wediodiningrat Lawang Malang, RSUD dr. Saiful Anwar Malang, dan UPT
PSTW Kasian Jember. Hasil dari praktik profesi ini memberi kesempatan pada
praktikan untuk berfikir kritis dan ilmiah dalam menyelesaikan masalah pasien.
Serta meningkatkan praktikan dalam kemampuan secara teknikal memberikan
asuhan keperawatan yang komperhensif dan profesional.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingAsih, Susi Wahyuningnidn#
Item Type: | Thesis (Profession Education) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Daftar Pustaka 23(2002-2016) |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering |
Divisions: | Faculty of Health > Nurse Profession Education |
Depositing User: | Rudi Setiawan | rudi01755@gmail.com |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 06:23 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 06:23 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |