ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN GOUT ARTRITIS DENGAN MASALAH KEPERAWATAN DEFISIT PERAWATAN DIRI EVIDANCE BASED PRACTICE DI UPT PSTW JEMBER
Asih, Dwi Merya (2019) ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN GOUT ARTRITIS DENGAN MASALAH KEPERAWATAN DEFISIT PERAWATAN DIRI EVIDANCE BASED PRACTICE DI UPT PSTW JEMBER. Profession Education thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1801032016 DWI MERYA ASIH.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Praktik profesi Ners adalah usaha belajar klinik dan lapangan yang bertujuan
untuk meningkatkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor dalam
melaksanakan asuhan keperawatan secara komprehensif, berkesinambungan dan
profesional. Mahasiswa diberi kesempatan menerapkan konsep, teori dan ilmu
perilaku, sosial, biomedik dan keperawatan kepada individu, kelompok dan
masyarakat. Kompetensi akedemik yang dicapai dalam menjalankan praktik
profesi ners sebanyak 36 sks yang meliputi: KDP I (2 sks), KDP II (2 sks),
keperawatan medikal bedah (6 sks), keperawatan anak (3 sks), keperawatan
maternitas (3 sks), keperawatan jiwa (2 sks), keperawatan gawat darurat (3 sks),
keperawatan gerontik (3 sks), keperawatan komunitas (3 sks), keperawatan
keluarga (3 sks), manajemen keperawatan (2 sks), dan praktika senior (4 sks).
Metode yang digunakan adalah Pre dan Post Conference, Bed Side Teaching,
Ronde Keperawatan, Seminar, Terapi Aktifitas Kelompok dan Pendidikan
Kesehatan.
Adapun metode proses keperawatan meliputi pengkajian, diagnosis keperawatan,
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Waktu praktik di mulai pada tanggal 02
Oktober 2018 sampai 15 Juli 2019. Lahan praktik yang digunakan antara lain:
RSUD Balung, RSJ Dr. Radjiman Widiodiningrat Lawang Malang, Pelayanan
Sosial Tresna Werdha Kasiyan Jember, RSD dr. Saiful Anwar Malang, Desa
Curah Malang Kecamatan Rambipuji Jember, dan Puskesmas Nogosari
Kecamatan Rambipuji.
Pelaksanaan praktik profesi merupakan pengalaman dalam mencapai kompetensi
akademik memberikan asuhan keperawatan individu yang meliputi asuhan
antenatal, intranatal, postnatal, dan ginekologi, kasus saraf, kasus penyakit tropik
dan menular, bedah, pernafasan, gawat darurat dan lansia. Kompetensi individu
yang diperoleh selama praktik profesi antara lain penerapan asuhan keperawatan
di semua departemen, penerapan model konsep keperawatan, penerapan Evidence
Based Practice serta ronde keperawatan. Hasil dari praktik profesi ini
memberikan kesempatan kepada praktikan untuk berfikir kritis dan ilmiah dalam
menyelesaikan masalah keperawatan klien, sehingga dapat memfasilitasi
penyesuaian lingkungan akademis kepada lingkungan profesional. Selain itu
diperoleh peningkatan kemampuan interpersonal dan kemampuan teknikal dalam
memberikan asuhan keperawatan pada klien.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingHandayani, Luh Titinidn#
Item Type: | Thesis (Profession Education) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Daftar Pustaka, 25 (2002-2017). |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health |
Divisions: | Faculty of Health > Nurse Profession Education |
Depositing User: | Rudi Setiawan | rudi01755@gmail.com |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 04:19 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 04:19 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27260 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |