Analisa Kinerja Ruas Jalan Akibat Adanya Parkir Pada Badan Jalan Di Jalan Raya Nasional Rambipuji Kabupaten Jember



Widyaningsih, Della Cahya (2025) Analisa Kinerja Ruas Jalan Akibat Adanya Parkir Pada Badan Jalan Di Jalan Raya Nasional Rambipuji Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 4. BAB 2.pdf] Text
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB 3.pdf] Text
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB 4.pdf] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB 5.pdf] Text
7. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penurunan kinerja ruas jalan akibat adanya parkir di badan jalan merupakan permasalahan yang sering terjadi pada Jalan Nasional Rambipuji, Kabupaten Jember. Parkir di badan jalan menyebabkan berkurangnya lebar efektif jalan sehingga kapasitas dan kecepatan arus lalu lintas menurun, yang berpotensi menimbulkan kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kinerja ruas jalan saat terdapat dan tidak terdapat aktivitas on-street parking menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, serta untuk membandingkan kecepatan rata-rata kendaraan pada kondisi dengan dan tanpa kegiatan parkir menggunakan simulasi perangkat lunak PTV-Vissim. Selain itu, penelitian ini juga menyajikan solusi alternatif untuk mengatasi penurunan kinerja ruas Jalan Nasional Rambipuji. Hasil analisis menunjukkan bahwa keberadaan parkir di badan jalan menurunkan kapasitas dari 3.769 pcu/jam menjadi 2.465 pcu/jam, meningkatkan derajat kejenuhan dari 0,55 menjadi 0,85, serta menurunkan Tingkat Pelayanan (LoS) dari kategori C menjadi E. Simulasi PTV-Vissim menguatkan hasil ini dengan menunjukkan penurunan kecepatan rata-rata kendaraan hingga 39% saat terdapat parkir. Oleh karena itu, disarankan untuk memindahkan aktivitas parkir ke area off-street dan mengembangkan fasilitas parkir bertingkat, serta menerapkan manajemen parkir yang efektif sebagai upaya mengembalikan kelancaran lalu lintas di ruas jalan tersebut.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Hamduwibawa, Rofi Budi
NIDN0008057802
Dosen Pembimbing
Ahmad, Hilfi Harisan
NIDN0172069006

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kinerja Jalan, Parkir on street, Tingkat Pelayanan (LoS)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: Della Cahya Widyaningsih | delacahya751@gmail.com
Date Deposited: 22 Aug 2025 07:35
Last Modified: 22 Aug 2025 07:38
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27393

Actions (login required)

View Item View Item