PENGARUH E-SERVICE QUALITY, EWOM DAN CONSUMER TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK GARISWAKTU.PM DI E-COMMERCE SHOPEE
AULIA, ALFATEHA MARIFATUL (2025) PENGARUH E-SERVICE QUALITY, EWOM DAN CONSUMER TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK GARISWAKTU.PM DI E-COMMERCE SHOPEE. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (530kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (679kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (712kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (989kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (522kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (509kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh e-service quality, ewom dan consumer trust terhadap keputusan pembelian pada produk Gariswaktu.pm di Shopee
Kebutuhan informasi yang cepat dan tepat sangat dibutuhkan dalam era globalisasi saat ini dikarenakan terjadinya peningkatan akan keragaman dan kebutuhan masyarakat modern. Sejak tahun 1960-an hingga saat ini, internet mengalami perkembangan yang pesat, hadir dengan sifat tanpa batasnya dan memberikan kemudahan bagi penggunanya. Mewabahnya internet juga berdampak bagi beberapa sektor. Dalam sektor perdagangan, kehadiran internet mengubah perilaku konsumen dari awalnya belanja secara konvensional menuju belanja secara online. Melihat trend belanja online yang meningkat telah banyak melahirkan platform e-commerce, Shopee adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi e-commerce yang dapat diakses di Indonesia. Shopee menyediakan berbagai macam kategori produk, termasuk fesyen, aksesoris, teknologi, perlengkapan rumah tangga, kesehatan, dan kecantikan. Aksesoris merupakan produk yang menarik bagi orang-orang, tanpa melihat usia dan latar belakang, aksesoris menjadi barang yang paling populer. Gariswaktu.pm adalah salah satu pelaku UMKM di Kabupaten Jember yang mendistribusikan produk aksesoris melalui platform e-commerce Shopee. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan data numerik yang diolah dengan SPSS. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang pernah membeli produk Gariswaktu,pm di Shopee, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google forms secara online. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis yang dipakai adalah uji t dan koefisien determinan (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-service quality secara signifikan dan positif mempengaruhi keputusan pembelian. Ewom berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan terakhir consumer trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingSANTOSO, BUDInidn0709622Dosen PembimbingTYAS, WENNY MURTALININGnidn0708116401
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | E-SERVICE QUALITY, EWOM, CONSUMER TRUST, KEPUTUSAN PEMBELIAN |
Subjects: | 300 Social Science > 330 Economics |
Divisions: | Faculty of Economics > Department of Management (S1) |
Depositing User: | Alfateha Ma'rifatul Aulia | arielth85@gmail.com |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 06:27 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 06:27 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27402 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |