PENGARUH E-SERVICE QUALITY, EWOM DAN CONSUMER TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK GARISWAKTU.PM DI E-COMMERCE SHOPEE



AULIA, ALFATEHA MARIFATUL (2025) PENGARUH E-SERVICE QUALITY, EWOM DAN CONSUMER TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK GARISWAKTU.PM DI E-COMMERCE SHOPEE. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (530kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (679kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (509kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh e-service quality, ewom dan consumer trust terhadap keputusan pembelian pada produk Gariswaktu.pm di Shopee
Kebutuhan informasi yang cepat dan tepat sangat dibutuhkan dalam era globalisasi saat ini dikarenakan terjadinya peningkatan akan keragaman dan kebutuhan masyarakat modern. Sejak tahun 1960-an hingga saat ini, internet mengalami perkembangan yang pesat, hadir dengan sifat tanpa batasnya dan memberikan kemudahan bagi penggunanya. Mewabahnya internet juga berdampak bagi beberapa sektor. Dalam sektor perdagangan, kehadiran internet mengubah perilaku konsumen dari awalnya belanja secara konvensional menuju belanja secara online. Melihat trend belanja online yang meningkat telah banyak melahirkan platform e-commerce, Shopee adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi e-commerce yang dapat diakses di Indonesia. Shopee menyediakan berbagai macam kategori produk, termasuk fesyen, aksesoris, teknologi, perlengkapan rumah tangga, kesehatan, dan kecantikan. Aksesoris merupakan produk yang menarik bagi orang-orang, tanpa melihat usia dan latar belakang, aksesoris menjadi barang yang paling populer. Gariswaktu.pm adalah salah satu pelaku UMKM di Kabupaten Jember yang mendistribusikan produk aksesoris melalui platform e-commerce Shopee. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan data numerik yang diolah dengan SPSS. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang pernah membeli produk Gariswaktu,pm di Shopee, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google forms secara online. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis yang dipakai adalah uji t dan koefisien determinan (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-service quality secara signifikan dan positif mempengaruhi keputusan pembelian. Ewom berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan terakhir consumer trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
SANTOSO, BUDI
nidn0709622
Dosen Pembimbing
TYAS, WENNY MURTALINING
nidn0708116401

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: E-SERVICE QUALITY, EWOM, CONSUMER TRUST, KEPUTUSAN PEMBELIAN
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: Alfateha Ma'rifatul Aulia | arielth85@gmail.com
Date Deposited: 22 Aug 2025 06:27
Last Modified: 22 Aug 2025 06:27
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27402

Actions (login required)

View Item View Item