EVALUASI KINERJA LALU LINTAS SIMPANG BERSINYAL DAN SOLUSI MENGGUNAKAN VISSIM PADA SIMPANG TIGA RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER



Sholeha, Qonita (2025) EVALUASI KINERJA LALU LINTAS SIMPANG BERSINYAL DAN SOLUSI MENGGUNAKAN VISSIM PADA SIMPANG TIGA RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemacetan persimpangan Kaliputih dan Rambipuji di Kabupaten Jember semakin meningkat akibat tingginya volume kendaraan dan perilaku pengendara yang kurang tertib,terutama saat lampu kuning menyala. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerjalalu lintas di kedua persimpangan tersebut dan mencari solusi peningkatan melalui simulasi menggunakan perangkat lunak PTV VISSIM. Metode penelitian meliputi pengumpulan
data lapangan kondisi geometrik dan volume lalu lintas, kemudian dilakukan simulasidengan mengubah siklus waktu dimodifikasi untuk mengamati parameter kinerja sepertikapasitas, rata-rata tundaan, dan tingkat pelayanan (Level of Service) berdasarkan standar PKJI 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi eksisting persimpangan Kaliputih
memiliki nilai rata-rata tundaan sebesar 65,93 detik dengan tingkat pelayanan LoS E(buruk), sedangkan persimpangan Rambipuji memiliki tundaan 48,02 detik dengan LoS D(kurang baik). Melalui simulasi perubahan siklus lampu merah, tundaan rata-rata berhasildikurangi menjadi 57,07 detik pada Kaliputih dan 44,27 detik pada Rambipuji, sehingga tingkat pelayanan membaik menjadi LoS D (cukup). Pengaturan ulang waktu siklus lampu
lalu lintas dapat meningkatkan kinerja kedua persimpangan secara signifikan. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan versi penuh PTV VISSIM dan survei data dengan cakupan waktu lebih luas untuk hasil yang lebih optimal di masa mendatang.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Abadi, Taufan
nidn0710096603
Dosen Pembimbing
Hamduwibawa, Rofi Budi
nidn0008057802

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kinerja; Lalu Lintas; Simpang Bersinyal; Simpang Tiga Rambipuji; VISSIM
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: Qonita Sholeha | qonitasholehaaaw@gmail.com
Date Deposited: 22 Aug 2025 07:31
Last Modified: 22 Aug 2025 07:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27415

Actions (login required)

View Item View Item