EVALUASI KINERJA LALU LINTAS SIMPANG BERSINYAL DAN SOLUSI MENGGUNAKAN VISSIM PADA SIMPANG TIGA RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER
Sholeha, Qonita (2025) EVALUASI KINERJA LALU LINTAS SIMPANG BERSINYAL DAN SOLUSI MENGGUNAKAN VISSIM PADA SIMPANG TIGA RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (383kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (904kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kemacetan persimpangan Kaliputih dan Rambipuji di Kabupaten Jember semakin meningkat akibat tingginya volume kendaraan dan perilaku pengendara yang kurang tertib,terutama saat lampu kuning menyala. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerjalalu lintas di kedua persimpangan tersebut dan mencari solusi peningkatan melalui simulasi menggunakan perangkat lunak PTV VISSIM. Metode penelitian meliputi pengumpulan
data lapangan kondisi geometrik dan volume lalu lintas, kemudian dilakukan simulasidengan mengubah siklus waktu dimodifikasi untuk mengamati parameter kinerja sepertikapasitas, rata-rata tundaan, dan tingkat pelayanan (Level of Service) berdasarkan standar PKJI 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi eksisting persimpangan Kaliputih
memiliki nilai rata-rata tundaan sebesar 65,93 detik dengan tingkat pelayanan LoS E(buruk), sedangkan persimpangan Rambipuji memiliki tundaan 48,02 detik dengan LoS D(kurang baik). Melalui simulasi perubahan siklus lampu merah, tundaan rata-rata berhasildikurangi menjadi 57,07 detik pada Kaliputih dan 44,27 detik pada Rambipuji, sehingga tingkat pelayanan membaik menjadi LoS D (cukup). Pengaturan ulang waktu siklus lampu
lalu lintas dapat meningkatkan kinerja kedua persimpangan secara signifikan. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan versi penuh PTV VISSIM dan survei data dengan cakupan waktu lebih luas untuk hasil yang lebih optimal di masa mendatang.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingAbadi, Taufannidn0710096603Dosen PembimbingHamduwibawa, Rofi Budinidn0008057802
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Kinerja; Lalu Lintas; Simpang Bersinyal; Simpang Tiga Rambipuji; VISSIM |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Qonita Sholeha | qonitasholehaaaw@gmail.com |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 07:31 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 07:31 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27415 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |