PENGARUH STRATEGI COPING TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
Lestari, Sindi (2025) PENGARUH STRATEGI COPING TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (929kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (898kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (936kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Stres akademik saat mengerjakan skripsi merupakan kondisi yang umum dialami oleh mahasiswa di Indonesia. Strategi coping merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi stres akademik mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi coping terhadap stres akademik pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi di Universitas Muhammadiyah Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 253 mahasiswa yang mengerjakan skripsi angkatan 2021 di Universitas Muhammadiyah Jember dan menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua alat ukur yakni Gadzella’s Student-Life Stress Inventory (SLSI) yang telah diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia oleh Azahra (2017) sebanyak 21 aitem dengan nilai koefisien korelasi validitas (rxy) = 0.414 hingga 0.813,nilai reabilitas sebesar 0.943 dan coping stress yang dibuat oleh Azahra (2017) sebanyak 29 aitem dengan nilai koefisien korelasi validitas (rxy) = 0.186 hingga 0.542, nilai reliabilitas sebesar 0,851 dengan bantuan SPSS 25 for Windows. Penyebaran kuesioner melalui google form. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Strategi coping secara simultan tidak berpengaruh terhadap stres akademik (F=2.759; p> 0,05) yang artinya H0 diterima dan H1 ditolak, serta berdasarkan hasil uji deskriptif statistik diperoleh nilai strategi coping sebesar 54,5% mahasiswa yang mengerjakan skripsi di Universitas Muhammadiyah Jember memiliki strategi coping dalam kategori tinggi, serta mahasiswa ketika menghadapi stres akademik lebih banyak menggunakan strategi coping secara problem-focused coping dan emotion-focused coping. Dan untuk kategori stres akademik mahasiswa yang mengerjakan skripsi masuk kedalam kategori tinggi 54,9%.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingWidyarini, NurlaelaNIDN0029057501Dosen PembimbingMuhibbin, Maulana ArifNIDN23031036
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Mahasiswa, Skripsi, Strategi Coping, Stres Akademik |
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) |
Depositing User: | Sindi Lestari | lestarisindi939@gmail.com |
Date Deposited: | 23 Aug 2025 01:12 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 01:23 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27438 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |