PENGARUH PERSEPSI BRAND IMAGE PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE MELALUI E-COMMERCE OLEH MAHASISWA PEREMPUAN



Shinta, Wahyu Kusuma (2025) PENGARUH PERSEPSI BRAND IMAGE PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE MELALUI E-COMMERCE OLEH MAHASISWA PEREMPUAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf

Download (667kB)
[thumbnail of 4. BAB 2.pdf] Text
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB 3.pdf] Text
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB) | Request a copy
[thumbnail of 6 BAB 4 BARU.pdf] Text
6 BAB 4 BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB 5.pdf] Text
7. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi brand image terhadap keputusan pembelian produk skincare melalui e-commerce. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh pesatnya perkembangan industri perawatan kulit di kalangan mahasiswa perempuan, yang didukung oleh kemudahan akses melalui platform e-commerce. Kehadiran beragam pilihan produk di pasar daring menjadikan persepsi konsumen terhadap citra merek sebagai faktor krusial yang dapat memengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Sampel penelitian diambil dari 223 mahasiswa perempuan, dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur persepsi brand image dan keputusan pembelian. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dan positif antara persepsi brand image terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 (< 0,05). Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,111 menunjukkan bahwa 11,1% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh persepsi brand image, sedangkan sisanya sebesar 88,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini. Hasil uji reliabilitas skala keputusan pembelian item 22 valid dengan nilai Croonbach’s Alpha sebesar 0,843. Sedangkan pada hasil reliabiltas brand image dengan item 8 mendapat nilai Croonbach’s Alpha sebesar 0,589.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Danan, Satriyo Wibowo
NIDN0725118405
Dosen Pembimbing
Januariya, Laili
NIDN0715019601

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Persepsi brand image, Keputusan Pembelian, Produk Skincare e-commerce
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: Shinta Wahyu Kusuma | shintawahyuk@gmail.com
Date Deposited: 01 Sep 2025 02:19
Last Modified: 01 Sep 2025 02:19
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27862

Actions (login required)

View Item View Item