PENGARUH PERSEPSI BRAND IMAGE PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE MELALUI E-COMMERCE OLEH MAHASISWA PEREMPUAN
Shinta, Wahyu Kusuma (2025) PENGARUH PERSEPSI BRAND IMAGE PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE MELALUI E-COMMERCE OLEH MAHASISWA PEREMPUAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
3. BAB 1.pdf Download (667kB) |
![]() |
Text
4. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (570kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6 BAB 4 BARU.pdf Restricted to Repository staff only Download (724kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi brand image terhadap keputusan pembelian produk skincare melalui e-commerce. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh pesatnya perkembangan industri perawatan kulit di kalangan mahasiswa perempuan, yang didukung oleh kemudahan akses melalui platform e-commerce. Kehadiran beragam pilihan produk di pasar daring menjadikan persepsi konsumen terhadap citra merek sebagai faktor krusial yang dapat memengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Sampel penelitian diambil dari 223 mahasiswa perempuan, dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur persepsi brand image dan keputusan pembelian. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dan positif antara persepsi brand image terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 (< 0,05). Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,111 menunjukkan bahwa 11,1% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh persepsi brand image, sedangkan sisanya sebesar 88,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini. Hasil uji reliabilitas skala keputusan pembelian item 22 valid dengan nilai Croonbach’s Alpha sebesar 0,843. Sedangkan pada hasil reliabiltas brand image dengan item 8 mendapat nilai Croonbach’s Alpha sebesar 0,589.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingDanan, Satriyo WibowoNIDN0725118405Dosen PembimbingJanuariya, LailiNIDN0715019601
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Persepsi brand image, Keputusan Pembelian, Produk Skincare e-commerce |
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) |
Depositing User: | Shinta Wahyu Kusuma | shintawahyuk@gmail.com |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 02:19 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 02:19 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27862 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |