Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Regulasi Diri Remaja Di SMPN 1 Jenggawah



Luthfiyah, Claresta Erina (2025) Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Regulasi Diri Remaja Di SMPN 1 Jenggawah. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (928kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (965kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Masa remaja merupakan fase penting dalam perkembangan individu, di mana kemampuan regulasi diri menjadi salah satu keterampilan utama yang mendukung keberhasilan akademik, penyesuaian sosial, serta kesehatan mental. Regulasi diri tidak hanya dipengaruhi oleh faktor internal, tetapi juga oleh faktor eksternal seperti pola asuh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis dengan regulasi diri pada remaja tingkat SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa
sebanyak 640 siswa, dengan jumlah sampel 221 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Alat ukur berupa skala modifikasi, yaitu skala pola asuh demokratis yang diadaptasi dari Lathifah (2024) dengan reliabilitas alat ukur sebesar 0,747, validitas alat ukur -0,162-0,605.
skala regulasi diri berdasarkan teori Bandura yang disusun oleh Shinta (2015) dengan validitas alat ukur 0,063-0,588. nilai reabilitas sebesar 0,826. Analisis data dilakukan menggunakan uji Pearson Product Moment dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Nilai korelasi pearson 0,306, artinya semakin pola asuhnya demokratis maka regulasi diri remaja semakin meningkat.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Rahmanawati, Festa Yumpi
nidn0702096401
Dosen Pembimbing
Muhibbin, Maulana Arif
nidn0718079401

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kata kunci: pola asuh demokratis, regulasi diri, remaja SMP
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: Claresta Erina Luthfiyah | erinaluthfiyah05@gmail.com
Date Deposited: 01 Sep 2025 07:33
Last Modified: 01 Sep 2025 07:33
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27941

Actions (login required)

View Item View Item