Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Regulasi Diri Remaja Di SMPN 1 Jenggawah
Luthfiyah, Claresta Erina (2025) Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Regulasi Diri Remaja Di SMPN 1 Jenggawah. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (928kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (965kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (928kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Masa remaja merupakan fase penting dalam perkembangan individu, di mana kemampuan regulasi diri menjadi salah satu keterampilan utama yang mendukung keberhasilan akademik, penyesuaian sosial, serta kesehatan mental. Regulasi diri tidak hanya dipengaruhi oleh faktor internal, tetapi juga oleh faktor eksternal seperti pola asuh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis dengan regulasi diri pada remaja tingkat SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa
sebanyak 640 siswa, dengan jumlah sampel 221 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Alat ukur berupa skala modifikasi, yaitu skala pola asuh demokratis yang diadaptasi dari Lathifah (2024) dengan reliabilitas alat ukur sebesar 0,747, validitas alat ukur -0,162-0,605.
skala regulasi diri berdasarkan teori Bandura yang disusun oleh Shinta (2015) dengan validitas alat ukur 0,063-0,588. nilai reabilitas sebesar 0,826. Analisis data dilakukan menggunakan uji Pearson Product Moment dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Nilai korelasi pearson 0,306, artinya semakin pola asuhnya demokratis maka regulasi diri remaja semakin meningkat.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingRahmanawati, Festa Yumpinidn0702096401Dosen PembimbingMuhibbin, Maulana Arifnidn0718079401
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Kata kunci: pola asuh demokratis, regulasi diri, remaja SMP |
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) |
Depositing User: | Claresta Erina Luthfiyah | erinaluthfiyah05@gmail.com |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 07:33 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 07:33 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27941 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |