Pengaruh Unjuk Kerja (Stroke Up) terhadap Performa Mesin pada Motor 4 Langkah yang Menggunakan Variasi (Crankshaft CG200)



Ariyanto, Ariyanto (2018) Pengaruh Unjuk Kerja (Stroke Up) terhadap Performa Mesin pada Motor 4 Langkah yang Menggunakan Variasi (Crankshaft CG200). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 04  BAB I.pdf] Text
04 BAB I.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 05 BAB II.pdf] Text
05 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[thumbnail of 06 BAB III.pdf] Text
06 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[thumbnail of 07 BAB IV.pdf] Text
07 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[thumbnail of 08 BAB V.pdf] Text
08 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[thumbnail of 10 Lampiran fix.pdf] Text
10 Lampiran fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB)

Abstract

Pengaruh Stroke Up terhadap Performa Mesin pada Sepeda Motor 4 Langkah yang Menggunakan Variasi Crankshaft CG200. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiah Jember. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya perbedaan daya, torsi dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan sepeda motor yang divariasi dengan poros engkol (Crankshaft) standar dan poros engkol (Crankshaft) CG200 yang menggunakan bahan bakar pertamax.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dilakukan pada sepeda motor 4 langkah 160 CC. Data hasil penelitian dianalisa dengan cara mengamati secara langsung hasil eksperimen kemudian menyimpulkan dan menentukan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam bentuk grafik dan tabel. Pada pengujian ini digunakan alat dynamometer untuk mengetahui daya dan torsi yang dihasilkan, sedangkan untuk pengujian laju konsumsi bahan bakar menggunakan alat buret ukur, kemudian dilakukan perhitungan konsumsi bahan bakar.
Perbedaan daya sekitar 49,7 %, dihasilkan oleh poros engkol (Crankshaft) standard yang di ambil rata – rata sekitar 9,7 HP dan pada poros engkol (Crankshaft) CG200 yaitu 19,3 HP. Perbedaan torsi sekitar 46,5 %, dihasilkan oleh poros engkol (Crankshaft) standard yang di ambil rata – rata sekitar 10,5 Nm dan pada poros engkol (Crankshaft) CG200 yaitu 19,65Nm.
konsumsi bahan bakar terendah diperoleh pada motor yang menggunakan poros engkol (crankshaft) CG200 yaitu sebesar 1,2 liter/jam, sedangkan konsumsi bahan bakar terbesar didapat pada penggunaan poros engkol (crankshaft) standar yaitu sebesar 1,5 liter/jam.
Perbedaan daya dan torsi yang dihasilkan lebih maksimal karena perbedaan panjang langkah dari poros engkol yang membuat rasio kompresi semakin tinggi

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Mufarida, Nely Ana
nidn0022047701
UNSPECIFIED
Kosjoko, Kosjoko
nidn0715126901

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Motor 4 langkah, Variasi Crankshaft, Motor Bakar
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 629 Other Branches of Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 23 Nov 2019 01:57
Last Modified: 23 Nov 2019 01:57
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2852

Actions (login required)

View Item View Item