Pengaruh Variasi Lubang Piringan Cakram terhadap Pelepasan Panas pada Motor Matic 110 CC

Wahyudi, Harum Tri (2018) Pengaruh Variasi Lubang Piringan Cakram terhadap Pelepasan Panas pada Motor Matic 110 CC. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
001. COVER.pdf

Download (74kB)
[img] Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text
12. BAB 1.pdf

Download (94kB)
[img] Text
13. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
14. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB)

Abstract

Perkembangan sistem rem sepeda motor adalah adanya teknologi sistem rem cakram. Rem cakram merupakan pengembangan sistem rem tromol yang ada sebelumnya, dan banyak perbedaan antara jenis tersebut. Rem cakram sangat memudahkan bagi penggunanya dikarenakan kontruksi lebih sederhana dan lebih mudah perawatanya. Rem cakram pada dasarnya terdiri dari 3 komponen utama yaitu Piringan (Cakram), Kampas Rem dan, Caliper. Cakram adalah sebuah piringan logam yang cukup tipis dan digunakan untuk proses pengereman kendaraan. Hal ini dilakukan dengan memberikan gaya gesek pada bagian cakram tersebut.. Pada penelitian ini akan diambil data perbandingan antara piringan cakram dengan jumlah lubang 30; 36 dan 40. Dimana data tersebut meliputi kecepatan sepeda motor, beban pengereman, jarak tempuh,dan panas pada piringan. Metode pengukuran panas pada piringan dengan menggunakan thermometer yang pertama,dimulainya kecepatan 60 km/jam dengan jarak 2km,dan dengan beban yang telah ditentukan sampai sepeda motor berhenti.dengan jumlah lubang 40, pelepasan panas pada piringan ini lebih cepat dan maksimal disbanding dengan piringan cakram dengan jumlah lubang 30 dan 36. Pada temperatur awal ditemukan suhu rata-rata 25,13 ºC dan pada temperatur panas menunjukan rata-rata pada 30,57 ºC dan untuk rata-rata pelepasan panas pada piringan dengan jumlah lubang 40 ditemukan 5,24 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Piringan cakram, pelepasan panas
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 680 Manufacture of Products for Specific Uses > 681 Precision Instruments
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 25 Nov 2019 03:09
Last Modified: 25 Nov 2019 03:09
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2891

Actions (login required)

View Item View Item