(Peer Review + Similarity) Pengaruh Teams Game Tournament terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa

A'yun, Qurrota and Sujiwo, Dimas Anditha Cahyo (2019) (Peer Review + Similarity) Pengaruh Teams Game Tournament terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. jurnal Laplace (jurnal pendidikan matematika).

[img] Text
peereview jurnal 3.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran kooperatif adalah suatu model pembelajaran yang menekankan dalam kerjasama dan bertukar pikiran antar anggota kelompok dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pembelajaran koperatif ini memberi peluang untuk seluruh siswa saling bahu membahu menyelesaikan tugas-tugas dalam kegiatan pembelajaran. Setiap aktivitas pembelajaran ini memberi tanggung jawab besar terhadap setiap siswa dalam tugas-tugas dalam kelompoknya. Dalam penelitian ini Game yang digunakan adalah menggunakan game puzzle dalam kegiatan pembelajarannya. Puzzle ini adalah sebuah alat peraga yang memiliki manfaat dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran matematika. selanjutnya one-group pretest postest desain merupakan rancangan penelitian ini. Jenis penelitian ini digunakan untuk mengukur awal suatu kelompok atau kelas yang disebut pretest kemudian diberikan sebuah stimulusrangsangan lalu dilakukan pengukuran kembali yang disebut postest. Data-data yang terkumpul selanjutnya dihitung menggunakan uji t. Analisis yang dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran Teams Game Tournament terhadap sahil belajar siswa. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian ini didapatkan datauntuk a = 5%, dk 25 diperoleh t-hitung= 3,18 yang menunjukkan bahwa nilai t-hitunglebih dari nilait-tabel, nilai tersebut menyebabkan bahwa untuk Haditerima sementara untuk H0ditolak, kesimpulannya bahwa rata -rata nilai siswa setelah dilakukan tindakan pemberian Teams Game Tournament lebih dari rata-rata nilai sebelum pemberian tindakan pembelajaran Teams Game Tournament. Berdasarkan analisis yang dilakukan ini, menunjukkan terdapat pengaruh pembelajaran Teams Game Tournament terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: Teams Game Tournament, Game Puzzle, Prestasi Belajar
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: qurrota a'yun a'yun
Date Deposited: 27 Nov 2019 06:36
Last Modified: 27 Nov 2019 06:36
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2933

Actions (login required)

View Item View Item