Peran Guru dalam Pengembangan Literasi Sekolah

Amilia, Fitri (2018) Peran Guru dalam Pengembangan Literasi Sekolah. In: Seminar Nasional dan Workshop Metodologi Penelitian Pendidikan, 18 November 2018, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Prosiding Peran Guru.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://www.researchgate.net/publication/337683378...

Abstract

Gerakan literasi dasar meliputi baca dan tulis. Kegiatan membaca sebagai keterampilan reseptif bisa diukur melalui keterampilan produktif, yaitu berbicara dan menulis. Fokus tulisan ini adalah membaca dan menulis. Literasi membaca dan menulis bukan hanya untuk siswa, melainkan untuk guru. Guru harus membaca dan menulis. Melalui tulisan guru, siswa bisa belajar nyata dan meneladani literasi pada guru. Tulisan guru bisa beraneka ragam, ilmiah dan nonilmiah. Tulisan-tulisan tersebut bisa menjadi bukti konkret bahwa guru juga melakukan kegiatan literasi. Guru tidak hanya menjalankan kewajiban berliterasi, melainkan memiliki kesadaran akan pentingnya literasi. Guru sebagai fasilitator dan atau motivator dalam kegiatan literasi memiliki keunggulan untuk menjadi peneliti. Guru bisa menjadi peneliti yang memiliki kelebihan dibandingkan peneliti lain. Atas dasar keunggulan itu, hasil tulisan guru sebagai peneliti dapat dijadikan dasar dalam pengembangan literasi sekolah. Guru sebagai penulis dan atau peneliti akan menjadi teladan dalam kegiatan literasi. Keteladanan akan mampu menjadi pijakan siswa dalam menyadari pentingnya literasi. Kesadaran literasi dalam diri siswa akan menjadi dasar penguatan kompetensi literasi di Indonesia. Berdasarkan uraian tersebut, guru memiliki potensi yang luar biasa dalam pengembangan literasi sekolah, ia adalah tokoh sentral dalam kegiatan literasi, ia adalah peneliti ideal dalam literasi sekolah, dan ia adalah teladan bagi siswa dalam berliterasi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: baca tulis, literasi sekolah, peneliti, teladan
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Amilia Fitri
Date Deposited: 03 Dec 2019 07:15
Last Modified: 09 Dec 2019 02:17
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2989

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item