Purwanto, Purwanto (2018) Perbandingan Pengaruh Cylinder Head Variasi terhadap Performa Unjuk Kerja Motor 2 Tak 110 CC. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
Cover skripsi (judul ).pdf Download (150kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (108kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (96kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
Abstract
Head silinder merupkan komponen penting dalam pembakaran baik pada motor bensin dan motor diesel.Pada motor bakar, daya dihasilkan dari proses pembakaran didalam silinderdanbiasanya disebut dengan daya indiaktor. Daya tersebut dikenakan pada torak yangbekerja bolak balik didalam silinder mesin. Jadi didalam silinder mesin, terjadiperubahan energi dari energi kimia bahan bakar dengan proses pembakaran menjadienergi mekanik pada torak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental. Metode eksperimental yaitu metode yang digunakan untuk menguji atau desain baru dengan cara membandingkan Variasihead silinder standart pabrikan, danhead silinder variasi 8,5mm. Dari data hasil dan pembahasan performa motor 2 tak 110 cc dengan variasi cylinder head 8,5mm yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1. Torsi tertinggi terdapat pada putaran rpm 7000 dengan nilai (14,85 N.m) dan torsi terendah pada putaran rpm 4000 (8,93 N.m). 2. Daya maksimum terdapat pada pada putaran 7000 rpm (14,9HP), sedangkan daya minimum pada putaran mesin 4000 rpm (5,1HP) . 3. Daya optimum pada tiap head silinder adalah pada putaran mesin 7000 rpm. 4. Nilai konsumsi bahan bakar yang uptimum pada tiap head silinder terdapat pada putaran mesin 5000 rpm. Beberapa faktor yang mempengaruhi kurang maksimalnya data hasil uji yakni; kendaraan yang digunakan keluaran tahun 2001, kurangnya tekanan angin pada ban motor, kurangnya kontrolnya di bagian karburator. Kapasitas atau volume enginee yang relatif kecil karena untuk digunakan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Torsi, Daya, Fuel consumption (FC) | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 629 Other Branches of Engineering | |||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI21201#TEKNIK MESIN" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Hendri UF | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 13 Dec 2019 03:00 | |||||||||
Last Modified: | 13 Dec 2019 03:00 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3083 |
Actions (login required)
View Item |