Perbandingan Pengaruh Cylinder Head Variasi terhadap Performa Unjuk Kerja Motor 2 Tak 110 CC



Purwanto, Purwanto (2018) Perbandingan Pengaruh Cylinder Head Variasi terhadap Performa Unjuk Kerja Motor 2 Tak 110 CC. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of Cover skripsi (judul ).pdf] Text
Cover skripsi (judul ).pdf

Download (150kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)

Abstract

Head silinder merupkan komponen penting dalam pembakaran baik pada motor bensin dan motor diesel.Pada motor bakar, daya dihasilkan dari proses pembakaran didalam silinderdanbiasanya disebut dengan daya indiaktor. Daya tersebut dikenakan pada torak yangbekerja bolak balik didalam silinder mesin. Jadi didalam silinder mesin, terjadiperubahan energi dari energi kimia bahan bakar dengan proses pembakaran menjadienergi mekanik pada torak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental. Metode eksperimental yaitu metode yang digunakan untuk menguji atau desain baru dengan cara membandingkan Variasihead silinder standart pabrikan, danhead silinder variasi 8,5mm.
Dari data hasil dan pembahasan performa motor 2 tak 110 cc dengan variasi cylinder head 8,5mm yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1. Torsi tertinggi terdapat pada putaran rpm 7000 dengan nilai (14,85 N.m) dan torsi terendah pada putaran rpm 4000 (8,93 N.m).
2. Daya maksimum terdapat pada pada putaran 7000 rpm (14,9HP), sedangkan daya minimum pada putaran mesin 4000 rpm (5,1HP) .
3. Daya optimum pada tiap head silinder adalah pada putaran mesin 7000 rpm.
4. Nilai konsumsi bahan bakar yang uptimum pada tiap head silinder terdapat pada putaran mesin 5000 rpm.
Beberapa faktor yang mempengaruhi kurang maksimalnya data hasil uji yakni; kendaraan yang digunakan keluaran tahun 2001, kurangnya tekanan angin pada ban motor, kurangnya kontrolnya di bagian karburator. Kapasitas atau volume enginee yang relatif kecil karena untuk digunakan sehari-hari.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Mufarida, Nely Ana
nidn0022047701
UNSPECIFIED
Kosjoko, Kosjoko
nidn0715126901

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Torsi, Daya, Fuel consumption (FC)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 629 Other Branches of Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2019 03:00
Last Modified: 13 Dec 2019 03:00
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3083

Actions (login required)

View Item View Item