Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII A di MTs Baitul Hikmah Tempurejo

syahroni, ahmad imam (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII A di MTs Baitul Hikmah Tempurejo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. pendahuluan.pdf

Download (518kB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (298kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text
i. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] Text
j. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
k. ARTIKEL.pdf

Download (325kB)

Abstract

ABSTRAK Syahroni, Imam Ahmad, 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII A di MTs Baitul Hikmah Tempurejo Kabupaten Jember. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing : (1) Sofyan Rofi, S.Pd.I. M.Pd.I . (2) Hairul Huda, M.Pd.I Kata Kunci : Strategi Pembelajaran crossword puzzle, Hasil Belajar Permasalahan yang sering dijumpai dalam pengajaran, khususnya pengajaran agama Islam adalah bagaimana cara menyajikan materi kepada siswa secara baik sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efisien. Begitu halnya dengan hasil belajar, khususnya pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Akan tetapi pada kenyataannya, terlihat bahwa hasil belajar peserta didik kelas VII A Pura di MTs. Baitul Hikmah Tempurejo pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam tergolong rendah, sedangkan pendidik sudah berusaha untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran yaitu ceramah dan mencatat, namun hasil belajar peserta didik masih banyak yang belum bisa mencapai KKM. Maka penulis dalam penelitian ini mencoba menerapkan Strategi Crossword Puzzle untuk memperoleh hasil belajar dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar SKI melalui penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Dalam pengumpulan data, Penulis menggunakan teknik observasi, dokumentasi, pengukuran tes hasil belajar. Sumber data dari penelitian ini adalah satu kelas, yaitu siswa kelas VII A Putra MTs Baitul Hikmah tempurejo. Hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi Crossword Puzzle pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan tema materi Dinasti Bani Umayyah Pelopor Kemajuan Peradaban Islam dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal itu dilihat berdasarkan hasil belajar pada Pra siklus sebesar 20% meningkat menjadi 65% pada siklus I, kemudian hasil belajar pada siklus II sebesar 85% yang mengalami peningkatan dari siklus I.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran crossword puzzle, hasil belajar
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI86208#PENDIDIKAN AGAMA ISLAM" not defined]
Depositing User: syahroni ahmad imam
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorrofi, sofyannidn0705078402
Thesis advisorhuda, hairulnidn0720018902
Contact Email Address: syahroniahmad39@gmail.com
Date Deposited: 14 Jan 2020 01:08
Last Modified: 14 Jan 2020 01:08
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3352

Actions (login required)

View Item View Item