Pemanfaatan Teka Teki Silang dalam Pembelajaran Gaya Bahasa di SMA Negeri 2 Lumajang

Aswatama, Mimik (2019) Pemanfaatan Teka Teki Silang dalam Pembelajaran Gaya Bahasa di SMA Negeri 2 Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Pendidikan, Evaluasi, dan Pengembangan Bahasa Indonesia merupakan salah satu materi pelajaran yang kaitannya dengan keterampilan menulis adalah gaya bahas.Berdasarkan silabus pada KD 4.17 menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan) dengan demikian gaya bahasa sudah ada dalam materi di kelas X SMA Negeri 2 Lumajang. Sehingga, dengan demikian dapat mempermudah peneliti untuk menemukan data yang akan diteliti yaitu tentang gaya bahasa dengan menggunakan media teka-teki silang. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana pemanfaatan teka-teki sialng dalam materi gaya bahasa di kelas X di SMA Negeri 2 Lumajang, dengan demikian tujuan penelitian ini adalah mencari pemanfaatan teka-teki silang ini bisa memberi manfaat kepada peserta didik dan pendidik, cara peneliti mengetetahuinya dengan menggunakan rumus rulon. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, terdapat manfaat teka-teki silang itu sendiri adalah dapat mengasah kreatifitas dan daya pikir peserta didik untuk menjawab soal-saol tentang materi gaya bahasa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Lumajang yang terletak di Jl. HOS. Cokroaminoto 159 Lumajang. Selain itu, data yang dikumpulkan dalam penelitian kualitatif ini adalah hasil dari wawancara dan dokumentasi terhadap guru dan jawaban soal teka-teki silang siswa pada kegiatan pembelajaran gaya bahasa Kelas X SMA Negeri 2 Lumajang. Adapun sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas X. Dari penelitian ini, teknik pengumpulan data yaitu terdiri dari wawancara, dokumentasi, dan observasi. Selain itu, teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan reduksi data, penyajian data,dan penyimpulan data. teknik kesahihan data yang terdiri dari duaa teknik yaitu triangulasi, dan perpanjang pengamatan. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini tentang pemanfaatan teka-teki silang dalam materi gaya bahasa di lihat dari masing-masing hasil pekerjaan siswa tersebut bervariasi, ada yang mendapat nilai bagus yaitu nilai 10 dan ada juga beberapa siswa mendapat nilai 8 jika dihitung dengan menggunakan skala 10 dari rumus Rullon. Berdasarkan uji reliabilitas dalam penelitian ini peserta didik yang memperoleh skor 90 berarti memperoleh nilai 10, peserta didik dengan skor 80 memperoleh nilai 9 dan peserta didik dengan skor 70 memperoleh nilai 8 dengan berpatokan menggunakan rumus Rullon. Berdasarkan dari hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan teka teki silang di SMA Negeri 2 Lumajang sangat di manfaatkan dalam materi gaya bahasa, dan menghasilkan hasil yang sangat baik dan sangat memuaskan. Karena, dengan adanya teka-teki silang dapat mengasah daya pikir dan kreatifitas peserta didik dalam menguasai materi gaya bahasa dalam pejaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Mimikaswatama Mimikaswatama
Date Deposited: 06 Feb 2020 02:43
Last Modified: 06 Feb 2020 02:43
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3504

Actions (login required)

View Item View Item