Pengaruh Penggunaan Koil Racing dan Busi Iridium terhadap Peforma Motor Matic PGM FI 110 CC

yulianto, anggit (2019) Pengaruh Penggunaan Koil Racing dan Busi Iridium terhadap Peforma Motor Matic PGM FI 110 CC. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK terbaru.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (769kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
ARTIKEL terbaru.pdf

Download (325kB)

Abstract

Sistem pengapian adalah hal paling penting pada sebuah sepeda motor, karena sistem inilah yang mengatur listrik sehingga menjadi bunga api. Pada sistem pengapian terdapat beberapa komponen penting seperti koil dan busi. Pengapian dari busi dan koil terjadi karena adanya sumber energi listrik untuk menghasilkan energi yang digunakan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara, sehingga menghasilkan tenaga. Busi dan koil sebagai suatu piranti untuk menghasilkan busur api listrik sangat berpengaruh terhadap kesempurnaan proses pembakaran yang terjadi di dalam ruang bakar. Kesempurnaan proses pembakaran akan mempengaruhi unjuk kerja dari motor,dan penggunaan koil racing dan busi iridium dipercaya dapat meningkatkan performa motor dengan induksi yang tinggi pada sistem pengapian. Pengujian menggunakan alat dyno test dengan hasil pembahasan peforma pada motor matic PGM FI 110 CC menggunakan koil racing dan busi iridium dengan 4 variasi (variasi 1 busi dan koil standart menggunakan bahan bakar pertamax, variasi 2 koil racing busi standart bahan bakar pertamax, variasi 3 koil standartbusi iridium bahan bakar pertamax, variasi 4 koil racing dan busi iridium bahan bakar pertamax). Dari pengujian yang dilakukan didapatkan hasil daya dan torsi tertinggi dari 4 variasi pengjuian yaitu,daya tertinggi pada penggunaan koil racing dan busi iridium 7,8 Hp pada putaran mesin 4000 Rpm dan torsi 16,58 yang dapat diketahui pada putaran 3000 Rpm dengan menngunakan bahan bakar pertamax. Kata kunci : Koil racing, Busi Iridium,daya dan torsi, dynotest.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI21201#TEKNIK MESIN" not defined]
Depositing User: YULIANTO ANGGIT
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorAna mufarida, Nelynidn0022047701
Thesis advisorFathonisyam Pn., Ardhinidn0728038002
Contact Email Address: anggittoyo11@gmail.com
Date Deposited: 28 Feb 2020 01:23
Last Modified: 28 Feb 2020 01:23
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3685

Actions (login required)

View Item View Item